Yak bung tiba-tiba ane jadi pengen ngebahas tentang motor
yang menjadi produk Suzuki dengan penjualan terbaik beberapa bulan,bahkan tahun
belakangan ini Satria F150 memang menjadi tulang punggung penjualan
Suzuki. Memang Satria FU
sangat menarik bagi semua orang dengan horsepowernya yang sangat besar untuk
ukuran motor bebek dan tampangnya yang seperti motor balap dan tidak pernah
terasa membosankan. Biarpun lapisan konsumen untuk motor ini terhitung kecil
jika dibandingkan pesaingnya seperti Jupiter MX atau V-Xion, kalau menurut saya
yang mau membeli motor ini mungkin hanya di kalangan anak muda dan berbadan
kecil, kalau dibbandingkan JMX mungkin bapak-bapak masih pantas menggunakannya
atau jika orang bertubuh besar tidak teralu aneh. Tapi Suzuki Satria bisa
memaksimalkan pasaran yang kecil tersebut, Mungkin tanpa Satria Suzuki terkesan
makin keok dengan pabrikan Jepang lainnya.
Tapi pertanyaannya kenapa…. Nih deh coba ane ulas
1.Karena hampir tidak ada saingan, Mungkin masih
ada seperti Jupiter MX atau TVS Tormax, tapi kehadiran pesaing-pesaing tersebut membuat seseorang memalingkan
pilihan ke produk lain. Maksutnya tidak ada kan lawan yang memiliki spesifikasi
yang sama, Ketika Jupiter dan Tormax memilih gaya bebek sejati dan CS1 motor
sport Satria F150 memilih gaya ayam jago
yang juga menjadikan orang yang menyukai
model ayam jago tidak memiliki pilihan lain selain Satria FU, Mungkin Athlete
memiliki gaya yang sama namun kelasnya cukup jauh berbeda. Soal mesin Suzuki
juga menyematkan mesin yang berbeda, Ketika Jupiter menggunakan SOCH 135 cc
yang tegak dan Tormax 150cc horizontal SOCH dan keduanya overstroke. Sementara
CS1 yang over bore hanya dipersenjatai kubikasi 125 dan 2 klep. Sementara Fu
menggunakan mesin over bore yang membuat HP besar dan ditambah lagi dengan
mekanisme DOCH dan sekali lagi menlenggang sendirian dengan spec paling berbeda
dan unggul apa lagi dilengkapi 6 speed.
Seandainya Satria tidak memiliki
spesifikasi yang ‘beda sendiri’ mungkin akan menjadi bulan-bulanan saingan
seperti Axelo yang terjun ke pasar yang teralu ramai dan sangat dikuasai satu
pabrikan. Seandainya Suzuki berani mungkin
Axelo akan diupgrade dengan spesifikasi murip Satria contohnya DOCH.
Seandainya berani mungkin akan terhindar dari HSX125 dan jika iya pun mesinnya
sebaiknya tidak tegak untuk menghindari ‘ancaman’ Jupiter MX.
2.Bisa jual murah,
pasti anda juga setuju kalau 18 juta itu harga yang cukup murah untuk sebuah motor 150cc bandingkan saja
dengan V-Xion, Byson, atau Mega Pro yang harganya sampai 20an juta rupiah.
Karena memang untuk penggemar kecepatan FU didesign se enteng mungkin, nah
menciptakan motor enteng itulah yang membuatnya jadi murah perhatikan saja
Framenya jauh lebih lebih enteng dan menggunakan sedikit besi dibandingkan
saingan dari kelas sportnya dan juga tetap lebih enteng jika dibandingkan
saingan bebeknya seperti MX atau CS1. Penghematan paling besar mungkin ada di
bagian plastik untuk menutupi rangka yang membuatnya sangat enteng. Bandingkan
dengan Jupiter MX yang bodynya cukup lebar, apa lagi CS1 yang sangat boros
plastik yang membuat beratnya sampai 114Kg dan membengkakan ongkos produksi
yang membuat CS1 terkesan ‘overprice’. Tapi hebatnya lagi beragam penghematan
ini tidak membuat Satria F150 terkesan murahan seperti yang terjadi pada Shogun
110 setelah menjadi Smash, garis desighnnya membuatnya malah terkesan sporty
dan tidak berkelas.
3.Mudah dioprek,
karena anak muda senang memodfikasi motornya kecerdasan Suzuki adalah selain
DOCH tidak ada teknologi yang teralu tinggi yang disematkan pada FU karena
terbukti sampai post ini ditulis belum pernah ada bebek injeksi yang sukses
dipasaran bahkan HSX injeksi (motor ane) penjualannya gatot karena pembeli di kelas ini memang banyak
yang hobi modifikasi, berbeda dengan kelas sport dimana V-Xion sangat merajai
pasaran dengan teknologi injeksinya. Karena targetnya adalah penyuka kecepatan
yang kebanyakan anak muda hobi memodifikasi
tunggangannya Suzuki tidak menyematkan teknologi injeksi yang biaya
modifikasinya masih mahal dan susah karena banyaknya sensor yang harus ditipu.
Mungkin jika teknolog V-Xion sangat merajai pasaran dengan teknologi
injeksinya. Karena targetnya adalah penyuka kecepatan yang kebanyakan anak muda
hobi memodifikasi tunggangannya Suzuki
tidak menyematkan teknologi injeksi yang biaya modifikasinya masih mahal dan
susah karena banyaknya sensor yang harus ditipu. Mungkin jika teknologi injeksi
sudah banyak digunakan di ajang balap seperti Indoprix dan makin banyak bebek
berinjeksi Suzuki baru berani meluncurkan Satria FU injeksi.
4.Sebenarnya
sadarkah anda sejak pertama kali Suzuki meluncurkan Satria F150 Suzuki sudah
mengorbankan sebuah pasar gemuk yaitu motor sport 150cc. Jadi semenjak FU
meluncur kemungkinan FSX nongol sudah tertutup, kemungkinan motor sport di
pasar gemuk Suzuki tinggal kelas 125cc yang sudah mulai di tinggalkan dan
250cc. Pasar moge 125cc sendiri sudah diisi dengan Thunder yang merupakan Fu
bore down dan SOCH bahkan downgrade mesin dari FU dan Thinder 125 sangat besar,
apa lagi pasar moge 125 sudah ditinggalkan dan yang sedang ramai-ramainya
adalah pasar moge 150 yang dikorbankan Suzuki. Sementara pasar 250 yang masih
kecil bakal diisi GW-250 yang gak nongol-nongol. Jadi jika Suzuki mau bikin
moge baru harus menciptakan pasar baru seperti kelas 160cc yang ditinggalkan
Mega Pro atau 200cc melawan Tiger dan Scorpio.
Jadi kunci keuksesan Satria FU adalah karena dia memiliki spec
yang tertinggi di kelasnya dengan penempatan harga yang pas. Fokus terhadap pasar
yang dituju juga menjadi tunjangan bebek super pabrikan S ini.
selain itu modelnya satria juga sporty banget :D, makanya banyak anak muda suka. Sayangnya banyak FU yang dimodif pake ban cacing dan alay style lainnya :D
BalasHapusHarga 18juta itu mungkin harga lama bro, coba cek di dealer suzuki terdekat, harga Satria FU baru sekitar 22 juta :D
bdoh bgt itu yg komentar msa hrg satria 22 jt klo sgtu brrti hmpir sma donk hrgnya ky motorsport batangan, satria fu itu skrg hrgnya skitar antara 19 smpai 20 jtaan dn dengan model terbaru cba lu liat lgi didaeler tp liatnya pke mata jgn pke dengkul biar lu gk slah lgi
HapusSuzuki Satria FU.
BalasHapusmemang banyak anak muda yang menggandrungi nih motor .
tapi banyak juga bapak-bapak yang suka dan ingin mencoba kehebatan bebek sport ini,
Suzuki sengaja tidak menyematkan teknolohi DOHC Fuel Injection mungkin karena untuk mengantisipasi upgrade power satria yang tidak seleluasa dibanding waktu pakai karbu.
kecuali kalau kelak Mesin-mesin injeksi sudah disediakan part upgrade powernya dan dengan harga murah.
pasti Suzuki langsung merilis Satria FU injection.
karena tujuan utama motor ini adalah bukan mengejar keiritan.
tapi mengejar kecepatan dan power.
kalau Suzuki Inazuma 250 cc V Twin 8 Valve
Agustus - Oktober 2012 mungkin dilaunching
Suzuki Inazuma V twin 8 valve?
HapusDOCH?
BalasHapusDOHC = Double Over Head Cam
BalasHapus