Minggu, 01 Juli 2012

2-Tak terakhir

Kita pasti masih ingat dan mengenang suara cempreng motor 2-tak dan baunya yang khas berjalan di jalanan kota sambil menyebarkan asap yang hitam pekat. Kita juga masih ingat kan saat RX-King masih belum bisa samai kecepatannya oleh motor 4-tak manapun dan kita masih ingat kan betapa larisnya motor 2 langkah dulu. Tapi sayangnya semuanya mulai berganti akibat 4-takisasi dan isu gas buang yang perlahan membunur varian motor kencang ini. Apa lagi majunya teknologi 4-tak seperti pengaplikasia DOCH atau injeksi juga membuat motor-motor yang menggunakan sistim klep ini bisa sekencang motor 2 langkah. Tapi buat anda yang anti sama motor yang gak pake oli samping masih ada kira-kira 2 model motor kok yang masih dijual atpm kalo gak mau maksain beli dari importir umum.

1.Kawasaki Ninja 150
Motor ini memang dari dulu ngetop apa lagi setelah Yamaha RX-King gak diproduksi lagi otomatis motor yang satu ini jadi impian tertinggi anak muda selain kakaknya Ninja 250R. Kawasaki udah nanem banyak banget teknologi biar nih motor bisa tetep dijual karena aturan emisi euro2 yang juga menyuntik mati banyak varian 2-tak lain. Nah akibat banyaknya teknologi itulah harganya sadis euy paling murah 25juta buat si ninja N sedangkan kalo mau yang racing look harganya ampe 35jeti. tapi gak bakal bikin nyesel kok tenaga 21 kw pasti bakal ninggalin semua motor 4 langkah dengan cc dibawah 200.



Spesifikasi
FRAME
Suspensi Depan Telescopic Fork Suspension
Suspensi Belakang Monoshock Suspension
Rem Depan Rem Cakram Twin Port
Rem Belakang Rem Cakram Twin Port
Ban Depan 90/90-17 49S Tube-type
Ban Belakang 110/80-17 57S Tube-type
Panjang x Lebar x Tinggi 1.975 mm x 719 mm x 1.090 mm
Jarak Poros Roda 1.305 mm
Jarak ke Tanah 145 mm
Berat 124,5 kg
Kapasitas Bensin 10,8 liter
ENGINE
Tipe 2-TAK, CRANKCASE REEDVALVE, SUPER KIPS, HSAS
Maksimum Power 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum 21,6 Nm / 9.000 RPM
Karburator Mikuni VM 28
Diameter 59,0 x 54,4 mm
Perbandingan Kompresi 6,8 : 1
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi 6 speed, constant mesh, return shift
Primary Reduction Ratio 3.000 ( 42/14 )
Rasio Gigi Ke-1 2.700 ( 27/10 )
Rasio Gigi Ke-2 1.706 ( 29/17 )
Rasio Gigi Ke-3 1.300 ( 26/20 )
Rasio Gigi Ke-4 1.090 ( 24/22 )
Rasio Gigi Ke-5 0.952 ( 20/21 )
Rasio Gigi Ke-6 0.863 ( 19/22 )
Tipe System Final Drive Chain Drive
Drive Rasio Keseluruhan 8.479 @ top gear
Kapasitas Oli Samping 1 liter
Sistem Pelumasan Oli Oil Injection
Kapasitas Coolant 1 liter


2.Vespa PX 150
yak kalo yang satu ini emang beneran buat ente yang cinta vespa dan gak sempet beli dulu dengan tampang yang unik jadul gitu basti narik perhatian semaua orang yang ada di jalan. Modelnya beneran Vespa banget dah apa lagi ini satu-satunya varian Vespa yang masih 2-tak dan menggunakan transmisi manual jadi sama banget ama Vespa-Vespa jadul yang banyak dimodif anak berambut gimbal. Mesinnya pun masih sama kaya Vespa jadoel dan ya yang beda cuma disk brakenya ama emisinya yang hebatnya dapet euro3. tenaga sih kecil cuma 5 kw namanya juga Vespa siapa juga yang mau ngebut ama Vespa.Tapi modelnya itu loh everlasting banget abadi! Tapi yang bikin kecewa itu ya cuma harganya yang ampe 60 juta!!!! buset mahal amat ya... ngecewain sih jadi gak semua orang bisa beli palingan orang kaya yang ogah pake motor Jepang doang... tapi kalo dipikir-pikir Vespa biar mahal tapi kan awetnya ampe berabad-abad orang bodinya aja plat besi emangnya Jepang punya plastik......

MESIN


Mesin 2 Langkah, silinder tunggal
Sistem Pengapian Karburator
Kapasitas 150cc
Daya Maksimum 5.8 kW/6.000 rpm
Torsi Maksimum 11.2 Nm/4.000 rpm
Sistem Pendinginan Udara
Transmisi Manual, 4 speed

SASIS


Suspensi Depan Lengan tunggal dengan pegas helical & peredam kejut hidrolis double-acting tunggal
Suspensi Belakang Peredam kejut
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 3.50-10"
Ban Belakang 3.50-10"

DIMENSI


Panjang 1.780 mm
Lebar 750 mm
Tinggi keseluruhan 1.370mm
Jarak Sumbu Roda 1.250 mm
Kapasitas Tangki 8 L
Emisi Euro 3  




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar