Kamis, 30 Agustus 2012

Perbedaan performa 2-tak dan 4-tak makin kecil

Yak bung ane emang hobi iseng-iseng nge search tentang motor, terus tiba-tiba ada ide untuk nge search 'Jupiter Z Indoprix' karena penasara gimana sih taji motor kesukaan ane di kejuaraan yang katanya paling kompetitf se Asia, gimana enggak yang level internasional aja belom boleh eh di Indoprix udah boleh pake kenalpot titanium. terus tiba tiba ada artikel menarik tentang Indoprix. Di situ dituliskan bahwa memang motor-motor di Indoprix makin menggila, yang menarik adalah rekor Rapid Topan di Sentul. Yaup rekor Rapid Topan dengan Jupiter Z bore up 125cc (1 menit 53 detik) hampir mengalahkan rekor waktu di Sentul dari kelas 2-tak 115cc yang dicatatkan oleh kakaknya sendiri Rapid Poppy (1 menit 51 detik), padahal Rapid Poppy menggunakan sebuah Cagiva Stella 115R yang diproduksi di Thailand merek Italia dan bermesin tegak.
Yup Jadi kesimpulannya motor 4-tak sudah bisa menyaingi motor-motor 2-tak biarpun memiliki beda 15cc tetapi tetap saja sebuah lonjakan yang besar. biasanya untuk menyaingi motor 2 langkar motor 4 langkah harus memiliki perbedaan besar seperti di Moto GP awal abad 21 agar tetap kompetitif motor 4 langkah diberi hak untuk memiliki kubikasi lebih besar sampai 400cc.
Secara performa memang mesin 2 langkah seharusnya lebih baik namun lebih boros. Dikarenakan oleh siklusnya mesin 2-tak hanya memerlukan 2 langkah untuk sekali pengapian. Berbeda dengan mesin 4-tak dimana olinya terpisah dan memiliki 4 langkah yaitu intake,kompresi,daya, dan pembuangan. Sedangkan 2-tak hanya memerlukan dua langkah karena intake dan pembuangan di saat yang bersamaan. Jadi pembakaran dari mesin 2 langkah di RPM yang sama kemungkinan besar 2 kali lebih sering melakukan pengapian dan intake yang membuatnya lebih boros bbm, tapi seringnya pembakaranjuga menghasilkan torsi yang sangat besar dengan stroke yang pendek. Kalau kita perhatikan biasanya motor 2 langkah menggunakan mesin over bore atau square engine contoh F1ZR bore x stroke: 52 x 52 atau  Ninja 150 Diameter x Langkah : 59.0 x 54,4 mm. Kalau motor 4 langkah strokenya pendek malah susah akselerasi palingan kalo mau kompresinya ditinggiin kalo nggak nasibnya kaya CS1 0-60 km/jam perlu 5,59 detik, padahal Supra X 125 PGM-FI yang mesinnya horizontal cuma 5,52 detik.
Tapi masalahnya adalah kalau saya rasa 2-tak sudah sulit untuk bisa dijadikan barang dagangan karena isu global warming yang membuat standar emisi euro 3, jangankan 2-tak kalo udah euro 3 motor 4 tak karburator aja susah banget mau lolos. Belom lagi karena doyannya dua tak terhadap bensin biarpun gak separah matic karburator.  Tapi menurut ane juga ya, 2 tak tuh karena saking simplenya Ninja 150 yang sekarang tuh udah mentok teknologinya, kalo 4 tak kan bisa di kasih injeksi dan kalo dioprek bisa diatur klepnya, kalo 2-tak gak bisa di kasih injeksi dan kalo buat balap boro-boro pengaturan klep buat nyari torsi ato tenaga klep aja gak punya.
Yang paling ane sorot sih ente2 pada sadar gak sih kalo motor 4 tak sekarang performanya udah bisa nyaingin gak percaya nih dah ane beberin satu satu:

Jupiter Z1:                                                VS                F1ZR
 tenaga maximal :10,6PS   @ 7750 RPM              Power Maksimal : 10,7ps@7500rpm

 torsi maximal:1,01 kgf.m  @ 6500 RPM              Torsi Maksimal : 1,10 KGF.M@6500 rpm

Nah abis liat itu baru dah ane nyadar ternyata Jupiter Z1 itu tenaganya lebih mirip kaya F1ZR dibandingin Jupiter Z, ya bedanya cuma tipis dan F1ZR punya mekanisme 'kopling banci'.






2. Satria F150:Tenaga maksimum:16PS        vs     Satria R120:tenaga maksimum:13,5PS
                       Torsi maksimum:1,27kgm.f                               torsi maksimum:1,50 kgmf


Satria F150 dengan mesin DOCHnya memang unggul di tenaga mungkin juga karena cc nya yang jauh lebih besar namun kalah seperti umumnya motor over bore pasti akan kalah di torsi apa lagi dibandingkan dengan motor 2 langkah.
Yak memang perlu kelebihan setidaknya 25-40 cc bagi sebuah motor 4 tak untuk menyaingi torsi maupun tenaga motor 2 tak. Nah salah satu alasan saya suka Jupiter Z1 adalah karena performanya yang diatas rata-rata bebek 110 4 tak bahkan bisa sebanding dengan F1ZR. Tapi mungkin dalam 5 atau 10 takun kedepa manusia akan bisa membuat motor 4-tak dengan tenaga dan torsi sebesar 2-tak, lagi pula masih banyak yang bisa dieksplorasi dari jenis mesin 4 langkah.





SO JANGAN SEDIH DITINGGAL JAMAN 2-TAK KENCANG SEKARANG JAMANNYA 4 TAK KENCANG!


29 komentar:

  1. hehehe
    berati tinggal tunggu waktu aja
    sebelum RX-King dan Ninja 150 2 tak dibalap sama penerus 4 tak-nya :D

    BalasHapus
  2. itu kan catatan lap time hampir satu dekade yang lalu mas bro,, lha kalau mesin 2 tak juga sama-sama dikembangkan layaknya mesin 4 tak seperti saat ini ane yakin si 2 tak masih unggul jauh... sebagai contoh dari kelas 150 cc kondisi standar pabrik power vixion cuma 14,88 hp, satria 16 hp, cbr 150r 18 hp, bahkan fxr yang legendaris mentok di 21 hp bandingkan dengan ninja 2tak series yang tembus 30 hp, dan jangan lupa nsr sp dan krr se yang mampu menyemburkan 40hp lebih..

    BalasHapus
  3. Betul, betul, betul...
    Viva 2 stroke!!!
    Bantai 4 tak!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, buktinya sampe saat ini ane pake Ninja L, ane paling suka bantai motor 4 tak, eces gan...

      Hapus
    2. Kalo dibandingin antara Vixi dan Ninja L, jauh gan. Mungkin tarikan dari 0 sampe 100kpj bisa imbang, tp Vixi mentok di 110kpjan, sedangkan Ninja L, mentok di 190kpj. Analisa ane kenapa bisa begitu, karena perbandingan gigi-gigi Vixi jauh lebih besar dibanding Ninja L, coba dibuat sama, pasti tarikan Ninja L sangat mengerikan gan...

      Hapus
    3. Hehehe Ini emang tulisan ane paling kontroversial tapi well-well torsi segajah Ninja L emang lumayan lah disaingi oleh V-Xion. Karena torsi gede jadi Ninja 150 emang dikasih gear ratio berat buat top speed, apa lagi limiter motor injeksi emang CCEPET BANGET!

      Hapus
  4. Daripada pusing membanding2kan di atas kertas mendingan diadu head to head di atas aspal...

    BalasHapus
  5. 1.Jupiter Z1: tenaga maximal :10,6PS
    2.F1ZR: Power Maksimal : 10,7ps

    jangan salah bro, f1z standart bisa ngasepin mega pro/NMP standart. baik jarak pendek atopun jauh. karena f1zr 2 tak menang di angkatan akslerasi dan top speed sama2 120kpj. mega pro/nmp top speed 120 kpj, f1zr jg 120 kpj.

    mega pro/NMP saja bisa diasepin dg sgt mudah bgmn dg jupiter z1 ?????.....
    meskipun power f1zr lbh kecil dr NMP tp harus ingat dia 2 tak yang punya karakter mesin 1,5 x dr 4 tak

    dah kondang dimana mana bahkan seluruh nusantara dari jaman thn 2002 sampai skrg kalau f1zr standart tu gampang ngasepin NMP. (sama-sama Standart pabrik 100% dg tdk ada perubahan apapun sama sekali)
    krn sy pemakai f1zr dr thn 2000-sekarang.

    mhn maaf kalu ada kesalahan tlg diralat. trim

    BalasHapus
  6. betul, percuma juga, tenaga besar perlu waktu lama untuk mencapainnya...,
    pakai 2tak, joki sudah minum kopi, sedangkan 4 tak joki harus masih rajin-rajin gantung rpm biar dapet kejar!

    teori dari mana bisa sama?

    10 meter bisa ditempuh dengan 2 langkah saja, jika 2 tak
    dan 10 meter bisa ditempuh 4 langkah, jika 4 tak.

    jauh beda!!!!

    belum lagi ukuran stroke...,

    hanya kelemahan 2 tak, POLUSI SAJA!


    jika kondisi mesin dibuat racing polusi suara 4 tak lebih banyak!

    motor belum datang suara sudah sampai!

    parahhhh.....

    BalasHapus
  7. logisnya, mesin 4-tak itu musti punya cc 2x lipat lebih besar buat mengimbangi 2-tak, perbandingan langkahnya aja udah 1:2 kok.
    Tapi gak tau lagi tuh para mekanik MotoGP kok cuma butuh 800cc an buat gantiin mesin 500cc nya 2-tak waktu peralihan 2-stroke to 4-stroke di musim tahun 2003 silam, berarti super sekali dong itu para mekaniknya kalo kata abang mario teguh :D

    BalasHapus
  8. andai riset 2tak dr 2002 dilanjutin, ane yakin 2 stroke jauh lebih cepat, kalo stdr bebek 125cc :125z, Cagiva stella, nova dash powernya smua skitar 20PS, pdahal produk lawas... kalo yg 4T standar sprti HSX 125, shogun, CS1, gak sampe 13PS std.
    kalo yg kompetisi kelas wahid di Motogp, skrg perbandinganya:
    2012 M1-RCV-desmo 1000cc = power +/- 250PS
    2002 YZR-NSR-RGV 500cc = power +/- 200PS
    andai tahun 2002 yg 2T make 1000cc, maka powernya saat itu bisa sampai 400PS... gila lah...gak bisa disaingi sama yg 1000cc 4T saat ini, cuman kendalinya yg susah...

    BalasHapus
  9. HIDUP 2 TAK... saya juga pake F1ZR tenaganya bukan buat mainan

    BalasHapus
  10. kalo ane boleh share, kalo aki aki biasa naik 4 tak,ketika memakai 2 tak diperkirakan akan jungkir balik heehehe, itu pengalaman ane juga bang

    BalasHapus
  11. Tpi jgn slah,klo 2tk bisa ngebut itu gk prlu di kesahkn lgi,mmang uda jlas dia 2 langkah....
    Tpi klo mtor bebek 4tk bisa mutusin 2tk itu bru luar biasa..
    Hahay.
    4tk ngebut tnpa polusi.

    BalasHapus
  12. GW MAH TEUTEUP HUSSAR... harga mati buat pemake matic, 90 cc tapi ngabredddd, bs k gunug pula tanpa riweuh ky matic laen,urusan boros mah banyak pom bensin. HIDUP matic 2 tak.............

    BalasHapus
  13. sapa bilang 2 tak ga bisa make injeksi om??????? Karbu Keihin SPJ HRC NSR 125 GP (2tak) itu injeksi om wkwkwk. Head to head di aspal? Rx king standaran disini "udah" diasepin Satria F bebasan, tapi pas diajakin pake RXking bebasan malah ditinggalin dengan jarak 5 motor ama tu King om hehe. Masih banyak orang yg riset mesin 2tak, yg 4tak juga banyak, jadi jangan "bersinggungan" ya om. GASSPOOOL Otomotif Indonesia CMIWW

    BalasHapus
  14. 4tak punya dohc
    tapi ingat
    2tak punya
    kawasaki superkips
    Yamaha Energi induction
    Honda RC valve
    suzuki scavenging sistem
    haha ane rasa kalo 2 tak masih dikembangkan akan ketahuan mana yang lebih kencang

    BalasHapus
  15. pernah ada yang tau internal force induction bwt 2tak??

    BalasHapus
  16. gua masih setia sama satria r120, os200 pengapian dll standar masih bisa ngasepin motor2 baru 4t, bukan sok jagoan tpi memang dari beberapa rider yg pake knalpot racing atau free flownya 4t kebanyakan anginnya pas kena muka & 2t berasap tpi wangi..
    teknologi 2tak memang diciptakan untuk aselerasi dan lebih ke speednya sdangkan 4tak secanggih apapun tetap bertujuan untuk lebih ekonomis dan buat usaha, tpi masalah selera kita balikin ke masing-masing

    BalasHapus
  17. hhahahahaaa,tulisan yg lucu..bicara mesin kok berdasarkan brosur,knp kebanyakan 4 tak tenaganya besar karna kompresinya besar tp itu bukan apa-apa.kodratnya 4 tak ga bakal bisa ngalahin 2tak dengan cc yg sama dan dengan mesin yg sama" std.ayo taruhan di mari,Jupiter Z1 st vs F1ZR std brani gak

    BalasHapus
  18. tapi daru dulu sampe sekarang 4tak kalo cc belum gede di bawa offroad suka nyangkut, 2tak cukup 85cc udah di libas jalurna :D

    BalasHapus
  19. Tornado GS power 12.5hp @ 7500rpm.
    Karbu Tornado GS itu VM16 bandingkan dengan CS1 (26) atau FU (BS26).

    Klo ganti karbu punya satria 2 tak yang notabene VM20 dengan gear belakang 38 udah nampol banget tuh.

    ;)

    BalasHapus
  20. mtor 2 tak itu umur mesinya lebih panjang di banding 4 tak,...

    n tuk speed jg boleh di adu,,.

    hx mslh di gas buangan aja yg buad gak enak,,,

    tp itu semua kmbali kpd idividu masing2,,...ok

    BalasHapus
  21. klo 2 tak di buat offroad gmn yah ? (dibuat trabas advanture)

    BalasHapus
  22. https://motogokil.com/2015/05/02/tsnd-honda-sengaja-membunuh-mesin-2tak-mengapa/ liat tuh klo 2 tak dikembangkan bakal lebih canggih dan efektif dr pada 4 tak...

    BalasHapus
  23. https://motogokil.com/2015/05/02/tsnd-honda-sengaja-membunuh-mesin-2tak-mengapa/ liat tuh klo 2 tak dikembangkan bakal lebih canggih dan efektif dr pada 4 tak...

    BalasHapus