Kamis, 30 Agustus 2012

Harapan dari masyarakat yang tidak dikabulkan Yamaha


Yak bung ngobrolin pabrikan kesukaan ane yuk yup Yamaha, gak tau kenapa ane suka banget ama pabrikan garputala ini, padahal motor-motor 4-tak nya larinya bisa disaingin ama pabrikan tetangga dan tidak teralu special mesinya, pas Suzuki dan Honda udah melahirkan mesin DOCH pabrikan ini hanya menelurkan motor SOCH 4 valve. Tapi mungkin yang bikin ane suka mungkin bodynya yang garisnya lebih tajam dan lebih cocok aja ama mata ane, ditambah lagi dengan kesuksesan mereka di dunia balap lewat Moto GP dan Jupiter Z yang merajai kelas underbone. Tapi  jujur saya kecewa nih ama Yamaha Indonesia yang beberapa kali mengecewakan penggemarnya karena terkesan kurang ‘all out’ *no offense. Coba ane beberkan beberapa kasusnya.
1.New Jupiter MX Injeksi                                                                                                                     
Saat ada rumor Jupiter MX bakal diluncurkan yang baru dan memang benar beberapa tahun lalu lahirlah New Jupiter MX . Kalau dilihat spesifikasinya sih cukup lumayan lah, sudah 5 speed biar gak kalah sama CS1 dan FU, basisnya sih masih gak teralu jauh malah menjadi heboh dan membahagiakan bagi penggemar Yamaha yup fitur dual disk brake. Jupiter MX pun menjadi motor dengan disk brake belakang pertama yang dihasilkan oleh Yamaha di Indonesia ya cukup memuaskan lah buat masyarakat. Sampai  saya dan mungkin beberapa orang langsung kecewa seketika saat melihat pemasok bensinnya, yup masih karburator! Saya sih sangat menyayangkan keputusan Yamaha saya rasa sangat disayangkan jika sebuah  bebek super masih karburator, padahal jika Yamaha berani menggunakan system injeksi mungkin saja si itik bisa ‘mengcounter’ Satria FU. Tapi sepertinya 2 tahun lalu sangat berbeda dengan sekarang protes media tekesan tidak teralu kecewa,  bayangkan jika kasus itu sekarang pasti bakal jadi bahan cibiran motor baru 2012 kok karburator.
2. V-Xion full fairing
Ini  salah satu yang paling heboh saat di India nongol Yamaha YZF-R15 ato ane libih suka bilang V-Xion India . Orang Indonesia mungkin pengen juga jujur  ane sih juga naksir ama bodynya yang mirip R-1, bahkan ampe dari Facebook juga mendukung Yamaha memasukan motor ini. Cuman ya gimana Yamaha berpegang teguh pada istilah ‘don’t change the winning team’ kalau seandainya Yamaha ngenyuntik mati V-Xion yang lagi menikmati masa jaya teralu berbahaya nanti senasib ama Suzuki yang ngebunuh Shogun 110 lagi, kalau mau ditandemin juga gak mungkin wong sama persis kok Cuma beda upgrade ECU,6 speed,disk brake dan fairing kok. Ya mau apa lagi Yamahanya gak berani kok, jadinya yang pengen punya YZF-R15 pada Cuma bisa beli V-Xion terus dikasih fairing dari fiber made in abang-abang dan disk brake abal-abal kalo mau ganti gearbox ama ECU rada susah kali ya….
3.Jupiter Z1 Dual Disk Brake
Dasarnya sih gak ada yang kecewa ama bebek injeksi Yamaha di Indonesia ini, memuaskan kok sesuai standar ekspektasi masyarakat sekarang. Malah motor ini bisa dibilang melebihi ekspektasi kita Sebuah motor 115cc dengan lonjakan teknologi yang tinggi dari pendahulunya tenaganya saja sampai 10PS bahkan melebihi motor-motor kelas 125cc. Lonjakan teknolgi yang sangat tinggi jelas terjadi pemasok bahan bakar inkjeksi, YZ crankshaft dan lain-lain membuat tenaganya jauh berbeda dengan pendahulunya apalagi dibandingkan NJZ. Tapi ada dua hal yang bikin saya dan mungkin kita agak kecewa yup sticker khas Moto GP tidak ditempelkan Yamaha diatas bebek balapnya ini, padahal jika ditempelkan pasti akan tekesan keren sekali dan mendogkrak penjualan, mungkin karena Yamaha takut dituding mengikuti taktik penjualan Honda. Yang satu lagi sepertinya paling mengecewakan untuk sebuah  motor diatas  15 juta rupiah yaitu fitur dual disk brake, memang tidak sangat parah untuk kelas 115cc tapi kalau melihat Blade sudah memiliki fitur itu sepertinya dapat mengganggu pemilihan orang, secara 10PS gitu nanti kalo lagi ngebut gubrak lagi…hehehe………..
4.Next V-Xion 6-speed
Bro-bro sering kan baca tentang next V-Xion banyak yang ngarep bahkan nebak motor yang kelihata gambot  ini memiliki transmisi baru 6-speed layaknya Satria F150 atau CBR 150R. Tapi ane baca dari Otomotifnet ada indikasi dari petinggi Yamaha itu sendiri bahwa V-Xion bakal tetap 5-speed. Cukup disayangkan badahal sekarang ekspektasi masyarakan terhadap motor  150cc kan sudah naik tidak bisa hanya mengandalkan fitur injeksi. Tapi ya namanya keputusan pabrikan biar masyarakat yang menentukan pilihannya saja, apalagi motor sport injeksi murah bakal makin diramaikan oleh si Honda trails.
Yak demikian dari saya kalau ada yang ngaco mohon tidak marah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar