Minggu, 05 Agustus 2012

Komparasi Motor-Motor Indonesia vs Malaysia

Yak saudara-saudara mumpung ane lagi bosen terus iseng banget pengen baca-baca dan bikin nih otak kerja dan juga karena udah bosen dengan motor-motor dalem negri tiba-tiba ada ide buat liat-liat website resmi dari negri lain, ya yang paling deket ya Malaysia. Terus mulai deh ane buka situs-situs resmi tuh negara yang ane kunjungin ya pabrikan Jepang kaya Yamaha dan Honda. Terus mulai muncul ide cari-cari perbedaan motor Malaysia dan Indonesia yang memiliki basis sama dari kedua pabrikan tersebut. Yang menarik ada 3 dan ane lagsung rangkum aja ya...

Jupiter Z1 vs Lagenda
Jika diIndonesia dikenal dengan nama Jupiter Z di Malaysia motor yang satu ini dinamai Lagenda 115 Z dan ketika tulisan ini dibuat di Indonesia sudah keluar Jupiter Z1 sementara di Malaysia motor yang satu ini masih mengandalkan mesin karburator yang sama seperti Jupiter Z 115. Uniknya di Malaysia tidak ada varian Vega ZR seperti di Indonesia jadi Lagenda Z di plot sebagai bumper produk sementara Leagenda ZR di plot sebagai bebek mid end layaknya Jupiter Z di Indonesia.Lagenda sendiri memiliki basis dan mesin yang hampir sama persis dengan Jupiter Z bedanya Jika Lagenda Z mirip sekali dengan Jupiter Z SW Lagenda ZR memiliki beberapa upgrade dibandingkan Jupiter Z ditambah dengan velg biru dan shock breaker yang sudah menggunakan tabung. Kalau mesin sih jelas mesin karburator Lagenda yang sama seperti NJZ tidak bisa menyaingi Jupiter Z1 milik kita yang sudah injeksi mungkin Lagenda injeksi dengan mesin Jupiter Z1 akan keluar dalam waktu dekat.Oh iya hampir lupa salah satu perbedaan dari kedua motor ini adalah jika Lagenda masih pakai cakram 2
LagendaZRJupiter Z1

Honda Wave 125X Ultimo vs Supra X 125:
Yak bung bayangkanlah Jika HSX 125 yang bodynya udah bosenin dipakein baju Revo 100 yang sporty banget itu loh, yak jadilah sebuah Honda Wave 125 Ultimo dari Malaysia. Mesin sih 11-12 sama mesin Karisma yang di HSX, tapi ada juga kok perbedaan mesinnya yup kompresinya yang menyentuh angka 9,3:1 sedangkan HSX sendiri cuma main di angka 9,0:1 mungkin karena kualitas bensin diana yang lebih baik dibandingkan di sini. Sementara body persis banget sama Revo 100 yang keren banget beda sama yang disini yang terkesan kalem. tapi kita harus bersukur memiliki Supra X karena motor ini memiliki kelebihan di sistem pengereman dengan dual disk brake sementara Wave masih pakai tromol buat rem belakang.

2 komentar:

  1. Wave 125X Ultimo = produk asli bukan editan.
    Revo 100 = produk editan, downgrade mesin. terlihat di bagian mesin nggak pas sudut-sudut penempatannya.
    Perhatikan bagian mesinnya.

    http://z1riders.files.wordpress.com/2012/07/sebelum-dicat-ulang.jpg <<revo100

    http://1.bp.blogspot.com/-cmw04hgypGg/TwnIeF1R6fI/AAAAAAAAAS0/NfhNwgUPNK4/s1600/wave125x01.jpg <<wave 125x

    BalasHapus