Jumat, 10 Agustus 2012

Jupiter MX injeksi tergantung new V-Xion

Yak bung ane udah lama banget sih ngedenger isu tentang V-Xion yang bakal keluar yang baru menggantikan yang sekarang. Tampangnya sih menurut ane gak jelek juga, malah kesannya lebih gagah dan cocok banget buat laki-laki. Menurut saya gayanya sudah berubah drastis dari yang tadinya memiliki gari-garis mirip Jupiter MX dan badan yang kurus, sekarang malah jadi mirip Byson yang ganteng. Mungkin Yamaha ingin menciptakan perpaduan maut dengan menggunakan frame Delta Box dipadu dengan mesin berbasis V-Xion dan body yang dibikin gagah berotot milik Byson. Menurut rumor Yamaha juga mengupgrade sistem injeksi dengan CO2 sensor dan gear ratio baru 6 speed. Mungkin Yamaha sadar bahwa standar mesin kelas 150cc sudah bertambah dan 6 speed menjadi salah satu patokan.
Tapi apa hubungannya dengan Jupiter MX 135LC? Menurut ane sih banyak terutama kalau memikirkan nasib pasar kedua motor ini. Menurut saya sendiri jika ingin menciptakan pasar yang berjalan dengan baik tanpa mengorbankan salah satu produk seharusnya 'jarak spesifikasi' antara kedua motor tersebut harus berbeda jauh apa lagi kelasnya berbeda yang satu underbone dan yang satu lagi motor sport. Kalo di segmen yang sama mungkin masih wajar seperti yang terjadi pada NJZ dan Vega ZR atau Mio series yang banyak sekali dengan mesin yang benar-benar sama. Tapi jika dalam kasus Jupiter MX dan V-Xion jika saja menggunakan taktik common engine pasti hasilnya bakal kanibal.
Kalau sekarang sih pembeda paling jelasnya ya sistem pemasok bahan bakar dimana V-Xion sudah injeksi sementara MX masih mengandalkan karburator vacum. Pembeda lain adalah perbedaan bore yang menciptakan selisih 15cc. Bahkan setelah MX sudah 5 speed dan rem cakram V-Xion terkesan tersusul karena tromol yang masih nyantol di velg belakang vixi. Nah kalo dari spy shot sih udah pake disk brake dan isunya 6-speed.
Nah masalahnya adalah keunggulan utama vixi dibandingkan saudara-saudaranya (Byson dan MX) adalah sistem FI. Nah pilihan Yamaha adalah akankah mereka meluncurkan MX FI layaknya di Thailand atau menunggu 'deadline' Euro3. Menurut ane sih gak mungkin aja ya kalo MX FI diluncurin dalam waktu dekat karena upgrade vixi belum teralu extrem. Nah kalo udah waktunya Euro 3 gak mungkin lagi MX dan Byson pake karbu gimana? Nah menurut ane sih biar V-Xion selamat dari terjangan lawan dan kanibalisme temen sendiri, ya menurut ane ya jalan keluar terbaik ya pake full fairing ya kaya vixi India gitu deh kalo ane sih ngarepnya sekaligus DOCH (ngarep ya...). Yak intinya menurut ane secepet-cepetnya V-Xion jadi full fairing ato upgrade mesin dengan extrem secepet itulah Jupiter MX injeksi bakal keluar (kalo gak keburu jaman Euro 3 ya..).

Yak gitu lah prediksi ato malah harapan saya terhadap pasaran Yamaha kedepannya.



 Spark 135i Thailand gak secakep new MX tapi udah injeksi!

5 komentar:

  1. Yamaha Jupiter MX bisa jadi ketularan 6 speed juga mungkin :mrgreen:, lumayan, sapa tau bisa nempel buntut FU :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mx 6 speed rsanya kurang cocok, msa cc nya 135 tpi 6 speed kn kyanya aneh bget didengernya kcuali 150cc 6 speed baru itu gak aneh

      Hapus
    2. Hahahahaha..., berarti Satrya 2tak dulu itu menurut ente aneh ya?! Soalnya kan cuma 120cc tapi 6speed.. Apa ente jangan2 malah ngga tau kalo pernah ada Satrya 2tak?!

      Hapus