Selasa, 17 Juli 2012

Motor-Motor dengan isu downgrade

yak pernah denger kan istilah downgrade atau penurunan kualitas dari suatu produk, downgrade juga sering terjadi di pabrikan motor. Ada yang berakibat fatal ada juga yang tidak berpengaruh terhadap penjualan motor tersebut dan image sebuah pabrikan. Bahkan ada yang karena sebuah produk downgrade penjualannya turun drastis.

1.Suzuki Smash
Yak bung banyak yang bilang ini adalah kesalahan terbesar Suzuki yang paling fatal dan efeknya sampe sekarang.Kesalahan pertama adalah membunuh Shogun 110 yang sedang di masa kejayaannya akibat teralu nafsu mengejar Honda, Shogun 125 pun diluncurkan dan Kehebatan mesin 110 tersebut di masukan ke Suzuki Smash. Tapi akibat serbuan mocin Suzuki merancang Smash agar bisa lebih murah sehingga body dan bahn-bahanya pun tak sebagus Shogun CDI unlimiter pun digantikan oleh CDI limiter yang menurut saya limiternya teralu cepat sehingga performanya tidak seenak Shogun 110. Jadilah sebuah Smash kerupuk yang baru bentar bodynya udah pada rusak, apa lagi tak lama setelah itu Yamaha bikin Vega R yang basis mesinnya mirip Jupiter Z yang makin nabok Suzuki. Reaksi Suzuki pin telat buat ngefacelift Smash baru tahun 2006 namun image downgrade tetap melekat, akhirnya Titan pun meluncur dengan amunisi serba baru namun sangat telat image Suzuki keburu rusak dan penjualannya tersusul Yamaha dan kayaknya susah buat dikejar.
Shogun 110




        Smash 110











2.Yamaha Vega ZR











Yak bung ini ane sih juga rada taku nulisnya takut banyak yang marah soale pas ane cari soal ini di wordpress ato blog gak ada yang nulis bahwa nih motor downgrade. tapi menurut ane dari Vega R ke Vega ZR ada penurunana kualitas yang cukup bisa dilihat, terutama di sektor mesin yak penurunan power cukup jelas terjadi dari dua itik tersebut jika Vega R bisa menyemburkan 9,3 ps Vega ZR cuma bisa 8,16ps torsinya juga berkurang jika Vega R sampai 0,92 kgf.m / 5000 rpm Vega ZR hanya mampu menghasilkan 0,86 kgf.m / 4000 rpm bahkan tarikannya pun cukup berbeda dan Vega R juga masih lebih unggul. Panel speedometer Vega ZR juga terkesan murahan dibandingkan Vega R, namun untungnya body yang lebih sporty dan konsumsi mesin overstroke yang lebih hemat menyelamatkan Vega ZR. Kalo menurut ane sih nih motor sebenernya sama kaya NJZ yang merupakan kelinci percobaan Yamaha buat bore X stroke yang baru makanya masih belum teralu sempurna racikannya pas udah disempurnain baru keluar kehebatannya ya di JZ1 itu loh yang ternyata hebat banget. Balik ke Vega bukti superioritas mesin Vega R dapat kita lihat di road race dimana mesin Jupi burung hantu lebih di gemari oleh pembalap dibandingkan NJZ dan harga jual Vega R seken mendekati Vega ZR yang lebih muda. Tapi untungnya Yamaha cepet-cepet keluarin Jupiter Z1 ngegantiin NJZ sebelum telat.

3.Vario 125

 Yak produk anyar Honda ini jika kita lihat memang spesifikasi dan teknologinya palig tokcer mantep paling tinggi, coba aja bayangin ESP,PGM-FI dan masih banyak lagi dah. Tapi ternyata banyak tuh keluhan yang menerpa Vario yang satu ini seperti akselerasi yang lambat mungkin karena CDI atau memang pengapiannya tidak disetel untuk kencang agar menjaga konsumsi bbmnya. Sementara ada dua masalah yang mungkin timbul akibat kompresinya yang tinggi ampe 11:1 makanya bikin keluhan seperti overheating kemungkinan karena radiator yang kurang memadai dan kompresi yang tingi. Keluhan yang terakhir adalah bunyi ngorok mungkin karena penggunaan bensin beroktan rendah (premium). Nah ane bilang kok jadi jelek banget ya kalo dibandingin Vario 110.















 tapi kalo modelnya ya cantikan yang Vario 125 heheheheheheheh.












Yak demikian dari saya kalo gak suka moggo komen jangan ngamuk!
Semoga membantu!
 











1 komentar:

  1. Jangan lupa RX-King, Tiger :D
    yang tipe lama lebih buas (mesinnya) daripada tipe baru. Mungkin secara kualiatas bahan beda

    BalasHapus