Sabtu, 01 Desember 2012

Mari Kita Hitung Power-To-Weight-Ratio Part1 (underbone)

Yak bung mungkin beberapa dari anda pernah denger istilah power to weight ratio atau dalam bahasa Indonesianya kira-kira rasio tenaga per berat.Jadi cara ngitungnya adalah power dibagi dengan berat sehingga jadinya PS/KG semakin besar angkanya semakin baik. Sesuai logika semakin enteng si motor dan semakin besar tenaganya otomatis lari motor akan lebih spontan dan reaktif. Langsung hitung aja deh!

Power to weight ratio
Honda:
Motor (cc)                       Berat                Tenaga                     Power to weight ratio

1.Revo 110                      97KG              8,46 PS                     0.08721 PS/KG
2.Blade 110                     104KG            8,4 PS                       0.08076 PS/KG
3.SupraX 125Helm in FI  107KG           9,63 PS                      0.09       PS/KG   
4.Supra X 125                 105KG           9,3 PS                        0.08857 PS/KG
5.CS1 125                       114KG           12,8 PS                      0.11228 PS/KG

Yamaha:
Motor  (cc)                     Berat                Tenaga                       Power to weight ratio

1.Vega ZR  115              97 KG              8,16 PS                     0.08412 PS/KG
2.Jupiter Z1  115            102 KG            10,06 PS                   0.098627 PS/KG
3.Jupiter MX 135           109KG             12,44 PS                   0.11412 PS/KG

Suzuki:
Motor (cc)                     Berat                 Tenaga                      Power to weight ratio

1.Smash Titan 115         100 KG              8.4 PS                      0.084 PS/KG
2.Shogun Axelo 125      106 KG              9.6 PS                      0.09056 PS/KG
3.Shogun Axelo 125R   108 KG              10 PS                       0.092592 PS/KG
4.Satria F-150               95 KG               16 PS                       0.16842 PS/KG

Kawasaki:
Motor (cc)                   Berat                   Tenaga                     Power to weight ratio

1.Edge 112                 104 KG               8.42 PS                    0.08096 PS/KG
2.Athlete 125              104 KG               9.9 PS                      0.09519 PS/KG
3.ZX-130                   104 KG               10.01 PS                  0.09625 PS/KG

TVS:
Motor (cc)                 Berat                    Tenaga                      Power to weight ratio

1.Neo XR 110          101,5 KG              8,62 PS                      0.08492 PS/KG
2.Rockz 125             107 KG                 9,94 PS                      0.092897 PS/KG
3.Tormax 150           112 KG                 13.38 PS                     0.11946 PS/KG

Nah udah liat datanya kan? coba kita lihat yang paling besar PTWR nya:

115cc:  Jupiter Z1 (0.98627 PS/KG)
130cc:  CS 1 ( 0.11228 PS/KG)
150cc:  Satria F-150 (0.16842 PS/KG)
Best:  Satria F-150 ( 0.16842 PS/KG)
Worst: Blade 110 (0.08076 PS/KG)


Nah udah ane kumpulin tuh datanya gimana menurut anda-anda..... Tapi inget data tersebut gak semena-mena membuktikan bahwa si motor memiliki akselerasi yang kencang, selain tenaga tentu kita harus menghitung torsi,rasio gir dan banyak lagi. Tapi ya ini juga lumaya ngaruh lah......


Sumber website remi:Yamaha, Honda ,Kawasaki,Suzuki ,TVS 


7 komentar:

  1. sip...
    tapi banyak yg langsung membandingkan angka di atas dengan performa jalanan, padahal tidak sesederhana itu

    BalasHapus
  2. eh pindah ke wordpress aja biar gampang komennya

    BalasHapus
  3. Wah z1 ngeri jg ya. Baru tau nih..
    ---
    www.dk8000.co.nr

    BalasHapus
  4. kalo 135 jupie mx dong.... :D

    BalasHapus
  5. wah ternyata Supra Helm In lebih gede ratio to weight-nya
    pantas tarikannya lebih racy daripada Supra batok Alien :D

    BalasHapus
  6. Yamaha memang selangkah lebih di depan lagi dan lagi lagi ... :)

    BalasHapus
  7. stlh nyoba pake jupie z1, alhamdulillah gigi 1 ngempos, mesin overheat, oper gigi sulit, shock keras smpe pinggang ngilu2, jok empuk, cornering enak, rem kurang pakem palagi yg belakang, top speed sama akselarasi kalah sama hsx 125 karbu, pngalaman pribadi soalne di hum ada jupie z1 (2013) n hsx125 karbu (2009), so biasa aja buat yamaha kalo ngiklan jgn ada slogan “yg lain smkin ketinggalan lagi” mungkin ngebandinginny sama helicak kale… smua produk ada kelebihan sma kekuranganny jd jgn asal sesumbar walhasil bnyk org mrasa ketipuuuuuu....

    BalasHapus