Selasa, 06 November 2012

Motor Sport Dengan Design Terbaik



Yup kemaren kan udah ngobrolin tentang motor bebek dengan design terbaik tuh, sekarang gimana kalo ngbahas motor sportnya…… oh iya kalo tentang V-Xion Lightning ama CB150R belakangan deh tunggu aja nanti ane bahas bareng topik Jakarta Motorcycle Show! Back to the topic yok deh kita mulai aja! Kalo yang bebek Cuma ane tulis yang ini ane tulis 6 deh biar gak bayak yang protes!
6.Kawasaki  Ninja 150RR
Mungkin motor dibawah 200cc yang paling dihormati di Indonesia bersama dengan Satria F-150 setelah tewasnya RX-King setelah life timenya yang sampai dua dekade lebih. Kalau Ninja 250 memang menurut kebanyakan orang lebih  ganteng sesuai harganya juga mungkin, tetapi soal ergonomic dan untuk dipakai harian Ninja RR lebih nyaman dan kurus. Kalau dilihat body Ninja RR yang paling baru memang kurus, tajam dan enteng cocok untuk orang yang ingin terlihat sporty, apalagi bobotnya yang ringan dibandingkan Ninja 250 membuat orang Indonesia mencintainya. Keindahan tampang luar juga ditunjang oleh tenaga yang mantap dair mesin dua langkahnya membuat suara bising tidak diperhatikan calon pembelinya. Namun yang saya peribadi sayangkan adalah kurang jagonya geng ijo member perpaduan warna dan sticker yang indah….
5.Honda CBR 150 Karburator
Tadinya sih nomor 5 pengennya CBR injeksi, Ninja 250 ato gak Tiger Super Cruiser tapi tiba tiba inget body cungkring ganteng khas CBR 150 dengan dual headlamp garangnya. Sebenarnya sih ini motor tidak masuk Indonesia alias salah satu korban kepelitan AHM senasib dengan Sonic 125 yang malah jadi CS1. Tapi biarpun motor ini gak masuk Indonesia tetep kok kita gapang nemuinnya tapi karena banyak yang rela bayar mahal buat dapetin DOCH Honda ini dari IU, kalo gak mampu beli yang asli dari IU pabrikan mocin juga banyak kok yang ngejipalak bodynya. Kalau kita lihat bodynya jauh lebih kurus dibandingkan dengan versi injeksi  malah terlihat lebih sporty dan pantes balapan, seluruh tubuh cungkring nan manis tapi agak gagah dengan headlamp yang aduhai!  Namun sebenarnya pamornya agak anjol akibat ulah mocin yang mengkopi bodynya jadi susah dibedakan dari jauh, tapi ‘beauty from the inside’ mesin DOCH racikan Honda, gak ada deh mocin yang nyamain larinya biar bodynya sama!
4.Yamaha V-Xion Lightning
Mungkin karena memang masih segar atau memang desighnnya atraktif V-Xion memang pantas mendapatkan peringkat ke4 di perbandingan ini. Tampangnya lebih gagah dan jauh berbeda dibandingkan V-Xion yang lama, walaupun mengandalkan sasis yang sama dengan permainan plastik Yamaha berhasil menciptakan sosok yang lebih berotot.Yang lebih keren lagi adalah speedometer baru yang terkesan lebih fresh dengan tambahan speedometer digitalnya, menggantikan speedometer analog lama yang sudah membosankan.  Walaupun sempat jadi bahan ejekan di Blog dan Wordpress akibat spy shotnya yang kurang ganteng ternyata permainan warna dan sticker Yamaha berhasih mengubah pandangan saya. Mesin juga memiliki injeksi baru yang mendongkrak tenaganya menjadi 15PS, Cuma beda 1PS dari Satria yang DOCH, disk brake belakang juga menjadi nilai tambah dibandingkan versi lama. Andai saja transmisinya sudah 6 speed seperti tetangganya mungkin ini sudah menjadi motor yang hampir sempurna, mungkin Yamaha torsi V-Xion sudah cukup kuat untuk melesatkan motor walaupun perbandingan atar girnya tidak serapat motor 6-speed.
3.Honda CB150R
Yak Honda memang jago ngumpetin motornya dari spy shot dari awal isunya sampai dipajang terang-terangan di pameran gak ada spy shotnya. Tapi pas nongol udah keren, udah pake sticker dan perpaduan warnanya sudah keren kok. Tampaingnya dan gayanya sih mirip V-Xion yang baru, sepeertinya Honda benar-benar berniat menabu perang melawan V-Xion. Bodynya kekar mirip new Mega Pro namun lebih terkesan mengotak, gagah dan sporti, apa lagi di tambah seperti trails yang melindungi mesinnya. Untuk mesin Honda benar-benar ingin melebihi  V-Xion, Mesin CBR-150 dijebloskan ke frame yang terkesan berotot, namun apa saja yang di downgrade belum dijelaskan oleh Honda.
2.Yamaha Byson
Barang siapa yang mendambakan motor sport yang sangat keren dan gagah, cocok untuk pria dan betah dengan akselerasi yang lemot pasti akan memilih motor ini. Dari jauh atau dilihat dengan seksama motor ini selalu memancarkan kegagahan, lampu besar, swing arm super besar, tanki yang besar dan gagah, buntut yang tajam, speedometer full digital dan blok mesin yang keren. Mungkin selain rem belakang yang masih tromol Byson adalah motor yang sempurna. Namun dibalik keindahan Yamaha dalam memainkan fitur, kaki-kaki dan plastik Byson punya banyak kekurangan di bidang mesin, mesinnya masih SOCH 2 klep hanya menyemburkan 13 PS begitu juga dengan torsi puncak yang kecil dan baru bisa diraih di rpm tinggi dan absennya DiaSil silinder dan Fogged piston juga membuat performa Byson terbanting saudara kurusnya.
1.RX-King
Segagah-gagahnya Byson dan motor yang saya sebutkan barusan tidak ada yang bisa menyaingi tampang gagahnya motor yang designnya tidak termakan waktu ini. 20 tahun lebih dari produksi pertama sampai terakhir garis bodynya tidak teralu banya beubah, masih boxy terkesan kuno namun gagah dan sporty. Ditambah lagi dengan bentuk tangki yang mengotak seperti lampunya yang terlihat seperti mengintai mangsa, sasih dan blok mesin dua taknya juga menjadi keindahan sendiri. Pokoknya desighn RX-King samngat tidak termakan jaman, terkesan kokoh, angkuh dan sporty. Apalagi ditambah mesin yang sangat baik untuk jamannya dan karburator yang juga menjadi incaran modification. Pokoknya gak ada yang nyamain karisma dan keangkeran sang Raja.
Yak segitu aja deh dari ane makasih, jangan lupa tungguin yang matic ya………..

7 komentar:

  1. Hehehe ada motor saya di nomor 5 :)
    Utk yg nomor 6, saya lebih senang dengan desain RR yg lama
    ---
    www.dk8000.co.nr

    BalasHapus
  2. tetep rx king,,,walaupun kecil,tipis,,dinaikin orang gndut tetep aja gagah

    BalasHapus
  3. klo untuk disainnya gw lebih milih v-ixion lightning karena selain sporti,keren, jga dmodifnya sangat bagus dan berfariasi

    BalasHapus
  4. gw kurang setuju bget sma tulisan diatas msa ninja 2 tak ad dperingkat trakhir klah sma cb150r dn yg lainnya, hrusnya dpringkt k 2 atw 1 krn bodynya itu keren bgt, trus dh gtu hnda cb peringktnya mlah lbih baik dri v-ixion pdhalkn bnyak org menilai desaign v-ixion jauh lebih bgus dripada cb150r, jd gw rsa yang beritanya org yg gk pham tntang design motor

    BalasHapus
  5. norak lw smua. gak punya alera yang bagus.motor bsa rocket . sama kz 200 baru keren

    BalasHapus
  6. Goblok rx king nomer 1

    BalasHapus
  7. semua motor itu masih semi-Sport, kalo bener2 sport ya Yamaha r1, Kawasaki zx-14, Suzuki hayabusa, Ducati 1199 panigale ,dll bodynya juga bagus2, tapi harganya jelek :V

    BalasHapus