Selasa, 16 Oktober 2012

Design Motor-Motor Bebek paling bagus!



Desighn mungkin menjadi salah satu alasan bagi seseorng  untuk membeli sebuah speda motor, saya sendiri adalah seseorang  sangat memperhatikan model dari sebuah motor, kalau motor modelnya kurang sreg mungkin agak gimana gitu ya….. Nah ane beberkan deh nih 5 besar motor bebek yang modelnya paling gak bosenin.
5.Supra X 125 R dual head lamp
Ini nih motor Honda yang orang Indonesia gak bosen-bosen,  semenjak mengkudeta Karisma 125 sebagai flagship bebek Honda motor ini baru mengalami facelift berarti 2 kali yaitu perubahan dari singgle head lamp menjadi dual head lamp dan lekuk body yang semakin tajam. Coba bandingkan dengan jagoan Yamaha, Jupiter Z  yang sudah ganti baju signifikan sebanyak kira-kira 5 dari jaman Jupiter 105cc sampai Jupiter Z1. Mesinnya juga baru 3 kali diubah-ubah Honda mulai dari mesin 100cc keturunan Legenda, mesin 125 cc karburator, dan mesin 125 cc PGM-FI (yang ane pake).Bahkan 2 dari 3 mesinnya turunan dari motor sebelumnya, mesin 100 cc udah ada dari jaman Honda C100 dan mesin 125cc karburator nyaplok dari Karisma, jadi hanya 1 mesin yang benar-benar milik Supra X.
Tapi Honda cerdik agar masyarakat tidak bosan, yup permainan stiker yang luar biasa dari Honda membuat body Supra X selalu terlihat baru. Semua masih ingat kan bagaimana sticker R gede dari supra X 125 sempat jadi tren untuk ditempel di motor lain. Selain itu bodynya juga netral tidak teralu sporty atau terkesan motor bapak-bapak, jadi bapak-bapak sampai remaja masih bisa dan banyak yang mau menggunakannya. Selain dari semua itu memang Supra X memiliki body yang long lasting dan tidak termakan jaman.


4.Satria RU 120 dan Satria R 120
Sesungguhnya untuk menentukan posisi 4 sampai 2 sangat susah karena ada 3 motor yang guanteng banget yang kalau dibandingkan ya yang satu dapat skor 9,25 yang, satu 9,5, dan yang satu 9,75 lah. Tapi keputusan telah ane ambil untuk posisi ke 4 ini pantas disandang oleh sebuah motor yang menghancurkan dominasi F1ZR di road race. Mungkin body motor kedua motor cukup unik selain spesifikasinya yang tertinggi di masanya, seseorang yang menyukai modelnya pasti akan sagat suka sekali bahkan menganggapnya motor tercantik namun yang tidak suka apalagi untuk generasi R pasti akan sangat tidak suka dan menganggapnya terkesan kaku,kuno dan tidak sedap dilihat. Modelnya memang sangat gahar, kaku dan sangat ‘boxy’ seperti muscle car Amerika tahun 80an yang menurut saya juga terkesan gahar, kaku dan ‘boxy’, mungkin semua orang yang suka motor ini pasti juga menyukai muscle car. Garis desighnnya sendiri sih identik dengan Shogun robot atau Tornado GS namun jika kita pandang ada cukup banyak perbedaan, mesin Satria yang tegak membuat body terasa lebih berisi dan padat ditambah dengan single shock yang semakin menunjukan jati dirinya. Sementara RU memiliki gari sendiri yang lebih berleku dan manis namun garang, sayangnya body Satria 120 ini tidak diwariska kepada motor penerusnya padahal terlihan ‘manis-manis garang’.

3. Jupiter Z burung hantu
Jupiter Z memang salah satu motor Yamaha yang paling sering  diubah begitu juga mesinnya.Terhitung sejak jaman Jupiter 105cc sampai NJZ1, Jupiter sudah 5 kali ganti baju dan 4 kali ganti mesin, sebuah siklus yang sangat cepat buat sebuah kendaraan yang diterapkan yamaha.Namun dari semua Jupiter ada sebuah Jupiter yang paling cantik yup si belo yang ganteng, Jupiter Z burung hantu menduduki pringkat 3 bebek terganteng dan tak termakan jaman walaupun NJZ dan NJZ1 yang juga ya… ganteng sih cuman lampu yang indah tidak terlupakan walaupun NJZ dan NJZ1 penuh  kesan futuristik. Jupiter Z burung hantu juga dikenal sebagai  raja roadrace dan memiliki mesin karburator paling baik diantara saudara-saudaranya, bahkan sampai sekarang Jupiter Z ini masih digunakan untuk radrace akibat mesin NJZ yang kurang menjanjikan dan riset  NJZ1 yang belum kelar. Mesin dengan output melebihi 9 ps dan super mudah dimodifikasi dipadukan dengan body berlekuk namun agak membulat dibeberapa bagian memberikan harmoni yang sangat indah dan luar biasa.Namun dari semuanya yang paling indah adalah lampu depannya yang paling berkarakter tajam rumahnya dan dua rumah lampu bulat kecil seperti bola mata yang menatap tajam,bengis seperti menghujam bahkan tidak bisa disamai oleh penerusnya, begitu juga lampu belakang yang sporty dan menciptakan harmoni mungkin hanya bisa disaingi oleh lampu panah NJZ. Jadi menurut saya Jupiter Z 110 ini adalah sebuah keindahan tertinggi bebek 4-tak Yamaha, jika dibandingkan dengan NJZ dan NJZ1 mungkin mereka akan menempati posisi 6 di artikel ini sementara Jupiter MX di peringkat 7 namun, karena yang ane ambil 5 besar ya… maaf-maaf aja ya mereka gak masuk.
2.F1ZR
Tidak ada motor bebek Yamaha yang lebih indah dari bebek yang satu ini, garis designhnnya sih seperti Satria 120 yaitu kotak tajam nan sporty khas motor 2-tak di 90an sampai pertengahan 2000 yang gagah,gahar seperti muscle car. Motor in merupakan bebek terkencang Yamaha sebelum tergerus canggihnya Jupiter MX dan mulai disaingi saudara 4-taknya yaitu NJZ1, tapi motor ini gak kehilangan pamurnya kok masih sering diandalkan drag racer Jabon tempat ane sering nonton balap kalo gak bisa tidur malem minggu. Kalau dibandingkan Tornado 110 atau Satria R 120 motor ini bodynya terlihat lebih ramping dan estetikanya lebih baik, contoh lampu depan F1ZR terlihat lebih serasi dan nyaman dipandang dibandingkan Tornado yang terkesan teralu besar, sasisnya juga bagus walupun dua-duanya mewariskan sasisnya ke Jupiter Z dan Shogun semua orang pasti bilang sasis F1ZR dan Jupe Z lebih lincah dibandingin Tornado atau Shogun. Satu-satunya kekurangannya adalah karena F1ZR dipaksa berbagi body dengan bibit 4-tak Yamaha yaitu Crypton dan Vega yang lumayan kencang namun jadi terkesan berbody sama dengan sebua bumper product yaitu Vega. Tapi gak kenapa-kenapa kok menurut ane stiker yang jauh lebih indah, kopling, knalpot dan mesin dengan penampakan berbeda jadi pembeda walaupun menurut ane sih gampang banget dibedain tanpa diperhatiin, auranya kali beda ya hehehehe…..
1.Satria F-150
Mengemban tugas berat sebagai harapan terakhir Suzuki yang belum rontok oleh Yamaha dan Honda kentika Thunder,Titan dan Axelo tidak mampu berbuat banyak, motor ini memiliki amunisi yang lebih dari cukup unutuk banyak-banyakan pennjualan dengan Jupiter MX. Mulai dari DOCH, horse power sampai belasan ps dan mudahnya modifikasi pada motor ini, apa lagi Jupiter MX susah dimodif akibat DiaSil Silinder dan buruknya karburator vakum yang udah bikin pelan susah dirawat rewel lagi!  Namun mesin sesempurna apapun mesin sebuah motor gak bakal laku kalau bodynya jelek, seperti membuat makanan yang enak tetapi bungkusnya tidak menarik pasti tidak akan laku. Designnya sih ‘out of the box’  ketika Jupiter MX yang lebih dulu nongol dan meroket  menggunakan body pure underbone  dan CS1 dengan mereknya yang katanya bisa bikin motor butut laku menggunakan model gak jelas Jaguan pasukan huruf S menggunakan model ayam jago. Modelnya tanpa kondon atau tanki diatas mesin seperti motor bebek namun menggunakan sasis twin tube frame seperti motor batangan dan setang jepit dipadukan dengan penggunakan plastic yang sangat sedikit dan memamerkan blok mesin yang gahar dan badan cungkring.  Pasarannya sudah tentu anak muda dibawah 25 tahun kalau bapak-bapak yang pake mungkin gak cocok kali ya..? Namun kecerdasan Suzuki adalah mereka berhasil menggunakan bahan baku sesedikit-sedikitnya tanpa terlihat murahan malah terlihat sporty dan berkelas malah bikin nih motor enteng, tapi jadi rada serem gan kalau udah sekitar 130Km/Jam kayak mau terbang keentengan badan dan gak stabil gitu, tapi jika kita menggunakan stang jepit yang seperti motor drag dan footstep racing katanya sih kalau ngebut lurus sih jadi enak dan aman, tapi kalo belok gimana….. gubrak…… kembali ke body motor Satria 4-tak seumur hidup baru facelift 1 kali lampu kurus Satria lama dig anti dengan lampu baru yang mirip seperti kepala Indian, sisanya hanya permainan sitcker.
 After all Satria F-150  adalah motor bebek dengan body terbaik dibandingkan semua motor bebek di Indonesia MENURUT SAYA. Setuju-gak setuju silakan dilampiaskan ketidak atau kestujuan anda melalui comment!

Oh iya jangan lupa tunggu pembahasan tentang motor sport ya!!!!

16 komentar:

  1. Jupiter Sudah, F1Z R sudah.....(Tapi udah diJualin semua)

    Ganti matic, hehehehe... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe gan sabar matic ane nulisnya kapan2 deh maklum ane kan kelas 9 test mulu!

      Hapus
  2. tetep keren new shogun 125

    #la wong punyanya itu.. :D

    BalasHapus
  3. no 3 setuju banget!

    BalasHapus
  4. bebek 2 tak di negara kita sayang banget di stop produksinya
    padahal di negara tetangga, dealer yamaha tetap aza jual
    motor bebek 2 taknya

    BalasHapus
  5. Ane Setubuh gan, FU emang ayam ganteng.... soalnya ane cuma punya itu sekarang. wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. klo ane rasa sih. .shogun FL / 125rr msk 3 besar lho sob
    *entah deh. .lebih bagus dari apa dari 3 besar d atas :D

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Wehweh ada F1ZR ye.. Kebetulan ane punya satu dirumah :D

    BalasHapus
  9. Kalo menurut bodynya, F1ZR lebih pantas jadi no.1 Coz Racing Abis

    BalasHapus
  10. yamaha selalu di depan

    BalasHapus
  11. Dilihat dari design masing-masing brand, semua memiliki kelebihan masing-masing. mulai dari Yamaha, honda, suzuki, dll. Semoga kedepannya jadi lebih baik dari design maupun kualitas

    BalasHapus