Sabtu, 15 September 2012

Jajal Kanzen Taurus si Motor Anak Bangsa


Yak bung buat anda yang bilang sinis bahwa Indonesia gak bisa bikin motor sendiri anda salah besar kita punya kok yang namanya Kanzen ituloh motor buatan SMK yang kalo gak salah dijadiin Motornas, asli motor Indonesia,bahkan beberapa pabrikan yang kita kenal sebagai mocin sebenarnya merek lokal. Tapi sayangnya karang laku sih mungkin karena kurang memenuhi selera pasar atau memang orang Indonesia yang aneh dan gak percaya sama motor buatan sendiri, tapi sih yang pasti nasib nih motor tragis banget kena hajar abis-abisan. Kalo menurut saya sih dua-duanya benar dan ditambah lagi waktu yang agak telat Karena ditujukan sebagai motor sangat murah seperti mocin tapi waktunya telat selera masyarakat kembali ke motor Jepang karena kapok dengan mocin, jika saja dipasarkan sejak akhir 90an pasti bakal laku dan mendominasi pasar bottom end yang banyak dihuni mocin.
Kembali ke si motor, sampe lupa nih nyebutin motornya…… Yak dialah Kanzen Taurus punya temen sekolah ane, katanya sih dulu ‘motor dinas’ supirnya dari ortunya tapi karena si supir udah gak kerja situ lagi nih motor jatuh ke tangan bro ane yang 1 ini deh. Yak kalo kita lihat dari jauh kesan motor plagiat sih hampir gak ada bisa dibilang 0% plagiat, salut gan. Bodynya keren banget bro campuran antara bebek dan motor trail, bahkan kalo menurut ane sih ganteng banget apa lagi kenalpotnya gak dibawah melainkan dibawah jok, kalo 3s nya bagus dan mesinnya teruji ane minta dah nih motor ke bokap ane hehehehe. Kalo kita perhatikan dari dekat barulah nampak nih motor ada unsur pake cetakan motor lain buat blok silindernya, yak siapa lagi kalo bukan cetakan sejuta umat Honda C100 kalo karburator sih Keihin kayaknya sih 17mm juga kaya Revo 100.
Yak abis melototin seluk beluknya waktunya kita coba, biasalah ane pasti ngeliat motor unik dikin langsung dicoba. Naik berdua bareng temen ane, pas baru duduk baru terkuaklah kelemahan besarnya, mungkin makanya nih motor gak laku karena jarak antara jok dan jalan yang teralu jauh. Ane aja yang lumayan tinggi (kurang lebih 180cm ato malah kurang?!)  harus rada jinjit yang menyebabkan temen ane yang punya aja kesulitanmenggunakannya, aneh motor nasional tapi gak cocok buat orang Indonesia. Nah kalo tadi ane puji-puji  sekarang ane perlu kritik mesinnya yang kurang bikin puas, kalo mesin sih gak masalah, konsumsi bensin relatif lah. Tapi iqi lho kok koplingnya sepertinya lemes banget kaya gak nendang bikin susah lari pas start ama sehabis ganti gigi, ditambah kadang agak susah naik turunin gigi. Jika saya coba geber pas baru abis ganti gigi pasti bakal ngegerung  dulu baru tenaganya tersambung lagi ke roda belakang, padahal ane pernah jajal Supra X 100 yang basisnya sama koplingnya gak seburuk ini lah. Nah kalo kritik ane soal gak user friendly pada bagian rangka ternyata dibayar lunas dengan handling yang ternyata menggembirakan,sangat baik, cukup baik di beokan semiparabola dan melumat belokan lainnya untuk belok miring seperti motor balap saking keasikannya temen ane ampe jerit-jerit takut. Kalo soal frame, fram tinggi Kanzen bisa lah disandingkan dengan motor Jepang seperti  Jupiter Z atau CS1 bahkan menurut saya lebih baik dibandingkan handling keluarga Supra apalagi posisi knalpot yang membuat tidak khawatir mentok saat belok kea rah kanan.
Jadi saya sekedar menarik kesimpulan dan saran. Alangkah baiknya jika motornas ini dilanjutkan karena bisa memenuhi ekspektasi masyarakat dan memacu industry otomotif yang mandiri. Alangkah baiknya Jika basis Taurus diupgrade cc nya dan bagian koplingnya+ kopling manual kalau bisa hehehe karena Frame dan lain-lain yang sudah bagus. Sedangkan lebih baik jika Kanzen memiliki varian yang lebih user friendly untuk yang tidak suka basis Taurus yang sporty dan kurang user friendly . Tapi after all Kanzen ini adalah permulaan yang bagus semoga terus dikembangkan dan diteruskan.
Nih temen ane yang punya yang paling kiri!

Nih dah spesifikasinya:

Data Spesifikasi Teknis Taurus Ultima 100 & 110 :
Panjang : 1980 mm
Lebar : 710 mm
Tinggi : 1090 mm
Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 185 mm
Berat Kosong : 109 kg
Type Rangka : Full frame – Underbone
Type Suspensi Depan : Teleskopik
Type Suspensi Belakang : Lengan ayun suspensi ganda
Ukuran Ban depan : 250 -17
Ukuran Ban Belakang : 275 -17
Rem Depan : Tromol (type 100) dan Cakram hidrolik piston ganda (type 110)
Rem Belakang : Tromol
Kapasitas Tangki : 8.0 liter
Type Mesin : 4 Langkah SOHC, pendingin udara
Susunan Silinder : Silinder tunggal. Sudut 10°
Diameter Langkah : 49.5 x 55 mm
Volume Langkah : 100 cc (type 100) & 110 cc (type 110)
Daya Maximum : 7.8 / 8000 (ps / rpm)
Torsi Maksimum : 8.04 / 4000 (Nm / rpm)
Kapasitas Oli : 0.8 liter
Kopling : Otomatis sentrifugal, tipe basah, pelat majemuk
Gigi Transimisi : 4 kecepatan
Pemindahan Gigi : N-1-2-3-4-N. Sistem rotary
Starter : Pedal dan elektrik
Battery : 12 V – 5 Ah
Pengapian : AC – CDI


1 komentar:

  1. Kanzen setahuku belum 100% lokal mas... Karena hampir diatas 50% komponennya dari Korea. Memang sih yang ngerakit anak SMK, itulah makanya kurang user friendly dengan postur orang Indonesia. Untuk owner-nya adalah mantan petinggi AHM. Sayang kurang laku dipasaran karena beberapa model awalnya mirip ama produk Honda, sehingga masyarakat menganggap motor ini buatan cina. Mungkin yang saya agak heran adalah produk Merk Jepang aja spt Honda hampir 94% komponen buatan lokal, tapi yang katanya motor nasional malah komponennya 50% lebih ambil dari luar ya......

    BalasHapus