Jumat, 11 Mei 2012

Supra x 125 pgm-fi

ane punya nih motor di rumah motor ini sih udah jadi flagship honda buat bebeknya kalo kita nganggep CS1 sebagai moge. nih motor sih tarikannya lumayan salesman honda emang gak boong tarikannya emang lebih mantep daripada yang karburator apalagi memang konsumsinya yang sangat hemat dibandingkan motor motor sekelasnya. penampakannya sih gak jauh beda dengam yang fersi karburator yang memiliki fitur dual disk brake malah menurut ane ya lumayan ngecewain stikernya karena menghilangkan huruf R gedenya yang sangat sporty dan sering ditempelin ke motor2 lain.sistem bensinnya yang sudah menggunakan pgm-fi memang sangat mendongkrak akselerasi 0-60 km/h yang hanya butuh 5,25 detik tidak berbeda jauh dibandingkan Jupiter MX yang hanya perlu 5,17 detik sangat bagus buat motor bermesin horizontal yang bisa menandingi motor bermesin tegak dengan tambahan 10 cc. namun top speednya terhitung kalah sampai 10 km/jam dibandingkan dengan adiknya yang bermesin karburator, tapi buat di jalan macet atau ramai buat apa sih top speed tinggi-tingggi. ane sendiri pernah nyobain ng gas ampe top speed top speednya mencapai 112-114 km/jam itu juga dengan setang yang agak bergoyang di kecepatan tinggi serasa saya handlingnya kaurang baik di kecepatan di atas 90km/jam. memang HSX sendiri memiliki langkah yang cukup panjang mencapai 57,9 mm cukup baik di putaran bawah walaupun kompresinya cuma 9,0 serasa kurang meledak tenaganya. Tapi ane bilang sih kalo mau cari bebek sejati alias mesin horizontal ini itungannya best buy sih selain TVS Tormax.
Sebagus-bagusnya mesin nih motor sayangnya nih motor gak laku mungkin karena fitur yang kurang atau spec nya yang kurang memuaskan. dengan duit 17 juta pasti orang ngerasa kurang kalau beli motor bebek bermesin tidur masih double shock dan fitur yang kurang. jadi orang merasa bahwa nih motor cuma supra x 125R yang diganti karburatornya, apa lagu kalo udah ngeliat MX yang merupakan moge berbulu bebek yang sudah single shock dengan harga sediki lebih murah atau sekaligus nambah sejuta dapet satria....
jadi nih motor itungannya overprice tapi daripada bingung liat aja dah specnya............

Spesifikasi Supra X 125 PGMFI

Panjang X lebar X tinggi : 1.889 x 702 x 1.094 mm
Jarak sumbu roda : 1.242 mm
Jarak terendah ke tanah : 136 mm
Berat kosong : 107 kg
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dan peredam kejut ganda
Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram double piston
Rem belakang : Cakram single piston
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
Volume langkah : 124,8 cc
Perbandingan kompresi : 9,0 : 1
Daya maksimum : 9,18 PS/7.500 rpm
Torsi maksimum : 0,99 kgf.m /5.000 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Otomatis sentrifugal
Gigi transmsi : kecepatan bertautan tetap
Pola pengoperan gigi : N-1-2-3-4-N (rotari)
Starter : Pedal dan elektrik
Aki : 12 V - 3,5 Ah
Busi : ND U20EPR9 / NGK CPR6EA-9
Sistem pengapian : Full transistorized

2 komentar: