Senin, 01 Oktober 2012

China dan India Siap Serbu Pasar Indonesia


Apakabar bro-bro?  Semoga baik-baik saja! Mungkin ada beberapa dari kita yang kemarin ke IIMS itu lho Indonesia International Motor Show salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia, isinya sih mobil dan aksesorisnya ane juga rada heran sih kok gak ada motor yang dipamerin  di situ ya, padahal kan motor adalah kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Tapi gak kenapa-napa lah bisa buat cuci mata liat-liat barang mahal buat inceran kalo nanti udah tajir bisa cari duit sendiri.
Line up pabrikannya sih biasa Jepang yang gak pernah gak ikutan dan beberapa pabrikan Eropa yang pemasarannya cukup bagus di Indonesia, tapi sekarang kayaknya ada pendatang baru yup pabrikan mobil tari negri tirai bambu dan India! Mungkin kalo di sector sepeda motor sih sepertinya China sudah diujung jalan dengan image yang menyedihkan dan India sedang membangun kerajaan motornya di Indonesia dengan gempuran Bajaj dan TVS yang dijual murah dan kualitas yang sampai saat ini lumayan. Di segmen permobilan target dari pabrikan Negara tersebut juga sama seperti motornya yaitu segmen mobil murah dibawah Jepang yang sudah mapan menguasai pasar di semua kelas.

Kita mulai dari india yang diwakili oleh penghasil mobil yang katanya paling murah sedunia yup Tata yang katanya memiliki kualitas lumayan. Sepertinya mereka sudah ingin mencuri perhatian masyarakat bahkan sebelum resmi menjual mobil. Katanya sih saya denger dari mas-masnya Tata bakal bikin pabrik di Indonesia dan mlai bisnis taun depan, weh dengan pabrikan dalem negri pasti harganya makin wokeh!  Tata sudah memamerkan mobil termurah sedunia yaitu Tata Nano yang berkapasitas 624cc dan semoga setelah masuk Indonesia harganya tetep dibawah 50 juta rupiah, terus ada lagi yang menarik yaitu keluarga Ace ada yang 700cc dan 1405cc diesel. Ace EX yang hanya 700cc mungkin bisa menjadi pilihan yang cukup bagus bagi petani di pedesaan yang membutuhkan mobil bak kecil, murah dan hemat, dan menurut saya mobil ini jauh lebih multi guna dan aman dibandingkan motor 3 roda yang bisa ngankut barang. Bahkan Tata memamerkan mobil BBG mereka di hall luar. Yang saya sayangkan adalah mereka belum bisa memberikan harga untuk mobil mereka saat saya menanyakan Ace EX atau Nano mereka belum bisa member harga, “Yang pasti dibawah 80 juta” katanya dan kemungkinan besar baru diperdagangkan dan ada harganya tahun 2013.

Sekarang mari Kita lihat China yang diwakili Geely dan beberapa pabrikan truk seperti  Foton yang juga menyediakan mobil murah  untuk rakyat. Kalau Geely mungkin sudah ada yang berkeliaran di JaBoDeTaBek karena memang sudah ada sejak beberapa tahun lalu , tetapi mungkin masih kurang populer karena mungkin promosi yang terhitung kecil untuk sebuah pabrikan baru tapi bagusnya mereka rutin mengikuti  pameran. Gelly sendiri menggunakan slogan Beyond Value dan menulis gade-gedean "mobil CBU murah" mungki untuk menarik minat konsumen yang menyukai produk-produk CBU padahal sih menurut saya CBU atau lokal sama saja. Mungkin  yang harus diubah dan menjadi tantangan terbesar semua pabrikan China adalah bagaimana merubah imagenya yang cukup buruk, pintarnya Gelly menambahkan di brosurnya bahwa mereka sudah mengakusisi Vovlvo dan hasil tes uji tarak yang baik untuk meyakinkan masyarakat tentang produk mereka. 

Ya semoga berhasil lah, ane udah mulai bosen ngeliat mobil di Indonesia yang itu-itu saja !

Nih gan foto-fotonya!

Nih posting tentang mobil pertama ane bagus gak ? comment ya!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar