Yak bung buat anda yang bilang sinis bahwa Indonesia gak
bisa bikin motor sendiri anda salah besar kita punya kok yang namanya Kanzen
ituloh motor buatan SMK yang kalo gak salah dijadiin Motornas, asli motor
Indonesia,bahkan beberapa pabrikan yang kita kenal sebagai mocin sebenarnya
merek lokal. Tapi sayangnya karang laku sih mungkin karena kurang memenuhi
selera pasar atau memang orang Indonesia yang aneh dan gak percaya sama motor
buatan sendiri, tapi sih yang pasti nasib nih motor tragis banget kena hajar
abis-abisan. Kalo menurut saya sih dua-duanya benar dan ditambah lagi waktu
yang agak telat Karena ditujukan sebagai motor sangat murah seperti mocin tapi
waktunya telat selera masyarakat kembali ke motor Jepang karena kapok dengan
mocin, jika saja dipasarkan sejak akhir 90an pasti bakal laku dan mendominasi
pasar bottom end yang banyak dihuni mocin.
Kembali ke si motor, sampe lupa nih nyebutin motornya…… Yak
dialah Kanzen Taurus punya temen sekolah ane, katanya sih dulu ‘motor dinas’
supirnya dari ortunya tapi karena si supir udah gak kerja situ lagi nih motor
jatuh ke tangan bro ane yang 1 ini deh. Yak kalo kita lihat dari jauh kesan
motor plagiat sih hampir gak ada bisa dibilang 0% plagiat, salut gan. Bodynya
keren banget bro campuran antara bebek dan motor trail, bahkan kalo menurut ane
sih ganteng banget apa lagi kenalpotnya gak dibawah melainkan dibawah jok, kalo
3s nya bagus dan mesinnya teruji ane minta dah nih motor ke bokap ane hehehehe.
Kalo kita perhatikan dari dekat barulah nampak nih motor ada unsur pake cetakan
motor lain buat blok silindernya, yak siapa lagi kalo bukan cetakan sejuta umat
Honda C100 kalo karburator sih Keihin kayaknya sih 17mm juga kaya Revo 100.
Yak abis melototin seluk beluknya waktunya kita coba,
biasalah ane pasti ngeliat motor unik dikin langsung dicoba. Naik berdua bareng
temen ane, pas baru duduk baru terkuaklah kelemahan besarnya, mungkin makanya
nih motor gak laku karena jarak antara jok dan jalan yang teralu jauh. Ane aja
yang lumayan tinggi (kurang lebih 180cm ato malah kurang?!) harus rada jinjit yang menyebabkan temen ane
yang punya aja kesulitanmenggunakannya, aneh motor nasional tapi gak cocok buat
orang Indonesia. Nah kalo tadi ane puji-puji
sekarang ane perlu kritik mesinnya yang kurang bikin puas, kalo mesin
sih gak masalah, konsumsi bensin relatif lah. Tapi iqi lho kok koplingnya
sepertinya lemes banget kaya gak nendang bikin susah lari pas start ama sehabis
ganti gigi, ditambah kadang agak susah naik turunin gigi. Jika saya coba geber
pas baru abis ganti gigi pasti bakal ngegerung
dulu baru tenaganya tersambung lagi ke roda belakang, padahal ane pernah
jajal Supra X 100 yang basisnya sama koplingnya gak seburuk ini lah. Nah kalo
kritik ane soal gak user friendly pada bagian rangka ternyata dibayar lunas
dengan handling yang ternyata menggembirakan,sangat baik, cukup baik di beokan
semiparabola dan melumat belokan lainnya untuk belok miring seperti motor balap
saking keasikannya temen ane ampe jerit-jerit takut. Kalo soal frame, fram
tinggi Kanzen bisa lah disandingkan dengan motor Jepang seperti Jupiter Z atau CS1 bahkan menurut saya lebih
baik dibandingkan handling keluarga Supra apalagi posisi knalpot yang membuat
tidak khawatir mentok saat belok kea rah kanan.
Jadi saya sekedar menarik kesimpulan dan saran. Alangkah
baiknya jika motornas ini dilanjutkan karena bisa memenuhi ekspektasi
masyarakat dan memacu industry otomotif yang mandiri. Alangkah baiknya Jika
basis Taurus diupgrade cc nya dan bagian koplingnya+ kopling manual kalau bisa
hehehe karena Frame dan lain-lain yang sudah bagus. Sedangkan lebih baik jika
Kanzen memiliki varian yang lebih user friendly untuk yang tidak suka basis
Taurus yang sporty dan kurang user friendly . Tapi after all Kanzen ini adalah
permulaan yang bagus semoga terus dikembangkan dan diteruskan.
Nih temen ane yang punya yang paling kiri!
Nih dah spesifikasinya:
Panjang : 1980 mm
Lebar : 710 mm
Tinggi : 1090 mm
Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 185 mm
Berat Kosong : 109 kg
Type Rangka : Full frame – Underbone
Type Suspensi Depan : Teleskopik
Type Suspensi Belakang : Lengan ayun suspensi ganda
Ukuran Ban depan : 250 -17
Ukuran Ban Belakang : 275 -17
Rem Depan : Tromol (type 100) dan Cakram hidrolik piston ganda (type 110)
Rem Belakang : Tromol
Kapasitas Tangki : 8.0 liter
Type Mesin : 4 Langkah SOHC, pendingin udara
Susunan Silinder : Silinder tunggal. Sudut 10°
Diameter Langkah : 49.5 x 55 mm
Volume Langkah : 100 cc (type 100) & 110 cc (type 110)
Daya Maximum : 7.8 / 8000 (ps / rpm)
Torsi Maksimum : 8.04 / 4000 (Nm / rpm)
Kapasitas Oli : 0.8 liter
Kopling : Otomatis sentrifugal, tipe basah, pelat majemuk
Gigi Transimisi : 4 kecepatan
Pemindahan Gigi : N-1-2-3-4-N. Sistem rotary
Starter : Pedal dan elektrik
Battery : 12 V – 5 Ah
Pengapian : AC – CDI
Kanzen setahuku belum 100% lokal mas... Karena hampir diatas 50% komponennya dari Korea. Memang sih yang ngerakit anak SMK, itulah makanya kurang user friendly dengan postur orang Indonesia. Untuk owner-nya adalah mantan petinggi AHM. Sayang kurang laku dipasaran karena beberapa model awalnya mirip ama produk Honda, sehingga masyarakat menganggap motor ini buatan cina. Mungkin yang saya agak heran adalah produk Merk Jepang aja spt Honda hampir 94% komponen buatan lokal, tapi yang katanya motor nasional malah komponennya 50% lebih ambil dari luar ya......
BalasHapus