Yak bung ngobrolin pabrikan kesukaan ane yuk yup Yamaha, gak
tau kenapa ane suka banget ama pabrikan garputala ini, padahal motor-motor
4-tak nya larinya bisa disaingin ama pabrikan tetangga dan tidak teralu special
mesinya, pas Suzuki dan Honda udah melahirkan mesin DOCH pabrikan ini hanya
menelurkan motor SOCH 4 valve. Tapi mungkin yang bikin ane suka mungkin bodynya
yang garisnya lebih tajam dan lebih cocok aja ama mata ane, ditambah lagi
dengan kesuksesan mereka di dunia balap lewat Moto GP dan Jupiter Z yang
merajai kelas underbone. Tapi jujur saya
kecewa nih ama Yamaha Indonesia yang beberapa kali mengecewakan penggemarnya karena
terkesan kurang ‘all out’ *no offense. Coba ane beberkan beberapa kasusnya.
1.New Jupiter MX Injeksi
Saat ada rumor Jupiter MX bakal diluncurkan yang baru dan
memang benar beberapa tahun lalu lahirlah New Jupiter MX . Kalau dilihat
spesifikasinya sih cukup lumayan lah, sudah 5 speed biar gak kalah sama CS1 dan
FU, basisnya sih masih gak teralu jauh malah menjadi heboh dan membahagiakan
bagi penggemar Yamaha yup fitur dual disk brake. Jupiter MX pun menjadi motor
dengan disk brake belakang pertama yang dihasilkan oleh Yamaha di Indonesia ya
cukup memuaskan lah buat masyarakat. Sampai
saya dan mungkin beberapa orang langsung kecewa seketika saat melihat
pemasok bensinnya, yup masih karburator! Saya sih sangat menyayangkan keputusan
Yamaha saya rasa sangat disayangkan jika sebuah
bebek super masih karburator, padahal jika Yamaha berani menggunakan
system injeksi mungkin saja si itik bisa ‘mengcounter’ Satria FU. Tapi
sepertinya 2 tahun lalu sangat berbeda dengan sekarang protes media tekesan
tidak teralu kecewa, bayangkan jika
kasus itu sekarang pasti bakal jadi bahan cibiran motor baru 2012 kok
karburator.
2. V-Xion full fairing
Ini salah satu yang
paling heboh saat di India nongol Yamaha YZF-R15 ato ane libih suka bilang
V-Xion India . Orang Indonesia mungkin pengen juga jujur ane sih juga naksir ama bodynya yang mirip R-1,
bahkan ampe dari Facebook juga mendukung Yamaha memasukan motor ini. Cuman ya
gimana Yamaha berpegang teguh pada istilah ‘don’t change the winning team’
kalau seandainya Yamaha ngenyuntik mati V-Xion yang lagi menikmati masa jaya
teralu berbahaya nanti senasib ama Suzuki yang ngebunuh Shogun 110 lagi, kalau
mau ditandemin juga gak mungkin wong sama persis kok Cuma beda upgrade ECU,6
speed,disk brake dan fairing kok. Ya mau apa lagi Yamahanya gak berani kok,
jadinya yang pengen punya YZF-R15 pada Cuma bisa beli V-Xion terus dikasih
fairing dari fiber made in abang-abang dan disk brake abal-abal kalo mau ganti
gearbox ama ECU rada susah kali ya….
3.Jupiter Z1 Dual Disk Brake
Dasarnya sih gak ada yang kecewa ama bebek injeksi Yamaha di
Indonesia ini, memuaskan kok sesuai standar ekspektasi masyarakat sekarang.
Malah motor ini bisa dibilang melebihi ekspektasi kita Sebuah motor 115cc
dengan lonjakan teknologi yang tinggi dari pendahulunya tenaganya saja sampai
10PS bahkan melebihi motor-motor kelas 125cc. Lonjakan teknolgi yang sangat
tinggi jelas terjadi pemasok bahan bakar inkjeksi, YZ crankshaft dan lain-lain
membuat tenaganya jauh berbeda dengan pendahulunya apalagi dibandingkan NJZ.
Tapi ada dua hal yang bikin saya dan mungkin kita agak kecewa yup sticker khas
Moto GP tidak ditempelkan Yamaha diatas bebek balapnya ini, padahal jika
ditempelkan pasti akan tekesan keren sekali dan mendogkrak penjualan, mungkin
karena Yamaha takut dituding mengikuti taktik penjualan Honda. Yang satu lagi
sepertinya paling mengecewakan untuk sebuah
motor diatas 15 juta rupiah yaitu
fitur dual disk brake, memang tidak sangat parah untuk kelas 115cc tapi kalau
melihat Blade sudah memiliki fitur itu sepertinya dapat mengganggu pemilihan
orang, secara 10PS gitu nanti kalo lagi ngebut gubrak lagi…hehehe………..
4.Next V-Xion 6-speed
Bro-bro sering kan baca tentang next V-Xion banyak yang
ngarep bahkan nebak motor yang kelihata gambot
ini memiliki transmisi baru 6-speed layaknya Satria F150 atau CBR 150R.
Tapi ane baca dari Otomotifnet ada indikasi dari petinggi Yamaha itu sendiri
bahwa V-Xion bakal tetap 5-speed. Cukup disayangkan badahal sekarang ekspektasi
masyarakan terhadap motor 150cc kan
sudah naik tidak bisa hanya mengandalkan fitur injeksi. Tapi ya namanya
keputusan pabrikan biar masyarakat yang menentukan pilihannya saja, apalagi
motor sport injeksi murah bakal makin diramaikan oleh si Honda trails.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar