Selasa, 16 Oktober 2012

Design Motor-Motor Bebek paling bagus!



Desighn mungkin menjadi salah satu alasan bagi seseorng  untuk membeli sebuah speda motor, saya sendiri adalah seseorang  sangat memperhatikan model dari sebuah motor, kalau motor modelnya kurang sreg mungkin agak gimana gitu ya….. Nah ane beberkan deh nih 5 besar motor bebek yang modelnya paling gak bosenin.
5.Supra X 125 R dual head lamp
Ini nih motor Honda yang orang Indonesia gak bosen-bosen,  semenjak mengkudeta Karisma 125 sebagai flagship bebek Honda motor ini baru mengalami facelift berarti 2 kali yaitu perubahan dari singgle head lamp menjadi dual head lamp dan lekuk body yang semakin tajam. Coba bandingkan dengan jagoan Yamaha, Jupiter Z  yang sudah ganti baju signifikan sebanyak kira-kira 5 dari jaman Jupiter 105cc sampai Jupiter Z1. Mesinnya juga baru 3 kali diubah-ubah Honda mulai dari mesin 100cc keturunan Legenda, mesin 125 cc karburator, dan mesin 125 cc PGM-FI (yang ane pake).Bahkan 2 dari 3 mesinnya turunan dari motor sebelumnya, mesin 100 cc udah ada dari jaman Honda C100 dan mesin 125cc karburator nyaplok dari Karisma, jadi hanya 1 mesin yang benar-benar milik Supra X.
Tapi Honda cerdik agar masyarakat tidak bosan, yup permainan stiker yang luar biasa dari Honda membuat body Supra X selalu terlihat baru. Semua masih ingat kan bagaimana sticker R gede dari supra X 125 sempat jadi tren untuk ditempel di motor lain. Selain itu bodynya juga netral tidak teralu sporty atau terkesan motor bapak-bapak, jadi bapak-bapak sampai remaja masih bisa dan banyak yang mau menggunakannya. Selain dari semua itu memang Supra X memiliki body yang long lasting dan tidak termakan jaman.


4.Satria RU 120 dan Satria R 120
Sesungguhnya untuk menentukan posisi 4 sampai 2 sangat susah karena ada 3 motor yang guanteng banget yang kalau dibandingkan ya yang satu dapat skor 9,25 yang, satu 9,5, dan yang satu 9,75 lah. Tapi keputusan telah ane ambil untuk posisi ke 4 ini pantas disandang oleh sebuah motor yang menghancurkan dominasi F1ZR di road race. Mungkin body motor kedua motor cukup unik selain spesifikasinya yang tertinggi di masanya, seseorang yang menyukai modelnya pasti akan sagat suka sekali bahkan menganggapnya motor tercantik namun yang tidak suka apalagi untuk generasi R pasti akan sangat tidak suka dan menganggapnya terkesan kaku,kuno dan tidak sedap dilihat. Modelnya memang sangat gahar, kaku dan sangat ‘boxy’ seperti muscle car Amerika tahun 80an yang menurut saya juga terkesan gahar, kaku dan ‘boxy’, mungkin semua orang yang suka motor ini pasti juga menyukai muscle car. Garis desighnnya sendiri sih identik dengan Shogun robot atau Tornado GS namun jika kita pandang ada cukup banyak perbedaan, mesin Satria yang tegak membuat body terasa lebih berisi dan padat ditambah dengan single shock yang semakin menunjukan jati dirinya. Sementara RU memiliki gari sendiri yang lebih berleku dan manis namun garang, sayangnya body Satria 120 ini tidak diwariska kepada motor penerusnya padahal terlihan ‘manis-manis garang’.

3. Jupiter Z burung hantu
Jupiter Z memang salah satu motor Yamaha yang paling sering  diubah begitu juga mesinnya.Terhitung sejak jaman Jupiter 105cc sampai NJZ1, Jupiter sudah 5 kali ganti baju dan 4 kali ganti mesin, sebuah siklus yang sangat cepat buat sebuah kendaraan yang diterapkan yamaha.Namun dari semua Jupiter ada sebuah Jupiter yang paling cantik yup si belo yang ganteng, Jupiter Z burung hantu menduduki pringkat 3 bebek terganteng dan tak termakan jaman walaupun NJZ dan NJZ1 yang juga ya… ganteng sih cuman lampu yang indah tidak terlupakan walaupun NJZ dan NJZ1 penuh  kesan futuristik. Jupiter Z burung hantu juga dikenal sebagai  raja roadrace dan memiliki mesin karburator paling baik diantara saudara-saudaranya, bahkan sampai sekarang Jupiter Z ini masih digunakan untuk radrace akibat mesin NJZ yang kurang menjanjikan dan riset  NJZ1 yang belum kelar. Mesin dengan output melebihi 9 ps dan super mudah dimodifikasi dipadukan dengan body berlekuk namun agak membulat dibeberapa bagian memberikan harmoni yang sangat indah dan luar biasa.Namun dari semuanya yang paling indah adalah lampu depannya yang paling berkarakter tajam rumahnya dan dua rumah lampu bulat kecil seperti bola mata yang menatap tajam,bengis seperti menghujam bahkan tidak bisa disamai oleh penerusnya, begitu juga lampu belakang yang sporty dan menciptakan harmoni mungkin hanya bisa disaingi oleh lampu panah NJZ. Jadi menurut saya Jupiter Z 110 ini adalah sebuah keindahan tertinggi bebek 4-tak Yamaha, jika dibandingkan dengan NJZ dan NJZ1 mungkin mereka akan menempati posisi 6 di artikel ini sementara Jupiter MX di peringkat 7 namun, karena yang ane ambil 5 besar ya… maaf-maaf aja ya mereka gak masuk.
2.F1ZR
Tidak ada motor bebek Yamaha yang lebih indah dari bebek yang satu ini, garis designhnnya sih seperti Satria 120 yaitu kotak tajam nan sporty khas motor 2-tak di 90an sampai pertengahan 2000 yang gagah,gahar seperti muscle car. Motor in merupakan bebek terkencang Yamaha sebelum tergerus canggihnya Jupiter MX dan mulai disaingi saudara 4-taknya yaitu NJZ1, tapi motor ini gak kehilangan pamurnya kok masih sering diandalkan drag racer Jabon tempat ane sering nonton balap kalo gak bisa tidur malem minggu. Kalau dibandingkan Tornado 110 atau Satria R 120 motor ini bodynya terlihat lebih ramping dan estetikanya lebih baik, contoh lampu depan F1ZR terlihat lebih serasi dan nyaman dipandang dibandingkan Tornado yang terkesan teralu besar, sasisnya juga bagus walupun dua-duanya mewariskan sasisnya ke Jupiter Z dan Shogun semua orang pasti bilang sasis F1ZR dan Jupe Z lebih lincah dibandingin Tornado atau Shogun. Satu-satunya kekurangannya adalah karena F1ZR dipaksa berbagi body dengan bibit 4-tak Yamaha yaitu Crypton dan Vega yang lumayan kencang namun jadi terkesan berbody sama dengan sebua bumper product yaitu Vega. Tapi gak kenapa-kenapa kok menurut ane stiker yang jauh lebih indah, kopling, knalpot dan mesin dengan penampakan berbeda jadi pembeda walaupun menurut ane sih gampang banget dibedain tanpa diperhatiin, auranya kali beda ya hehehehe…..
1.Satria F-150
Mengemban tugas berat sebagai harapan terakhir Suzuki yang belum rontok oleh Yamaha dan Honda kentika Thunder,Titan dan Axelo tidak mampu berbuat banyak, motor ini memiliki amunisi yang lebih dari cukup unutuk banyak-banyakan pennjualan dengan Jupiter MX. Mulai dari DOCH, horse power sampai belasan ps dan mudahnya modifikasi pada motor ini, apa lagi Jupiter MX susah dimodif akibat DiaSil Silinder dan buruknya karburator vakum yang udah bikin pelan susah dirawat rewel lagi!  Namun mesin sesempurna apapun mesin sebuah motor gak bakal laku kalau bodynya jelek, seperti membuat makanan yang enak tetapi bungkusnya tidak menarik pasti tidak akan laku. Designnya sih ‘out of the box’  ketika Jupiter MX yang lebih dulu nongol dan meroket  menggunakan body pure underbone  dan CS1 dengan mereknya yang katanya bisa bikin motor butut laku menggunakan model gak jelas Jaguan pasukan huruf S menggunakan model ayam jago. Modelnya tanpa kondon atau tanki diatas mesin seperti motor bebek namun menggunakan sasis twin tube frame seperti motor batangan dan setang jepit dipadukan dengan penggunakan plastic yang sangat sedikit dan memamerkan blok mesin yang gahar dan badan cungkring.  Pasarannya sudah tentu anak muda dibawah 25 tahun kalau bapak-bapak yang pake mungkin gak cocok kali ya..? Namun kecerdasan Suzuki adalah mereka berhasil menggunakan bahan baku sesedikit-sedikitnya tanpa terlihat murahan malah terlihat sporty dan berkelas malah bikin nih motor enteng, tapi jadi rada serem gan kalau udah sekitar 130Km/Jam kayak mau terbang keentengan badan dan gak stabil gitu, tapi jika kita menggunakan stang jepit yang seperti motor drag dan footstep racing katanya sih kalau ngebut lurus sih jadi enak dan aman, tapi kalo belok gimana….. gubrak…… kembali ke body motor Satria 4-tak seumur hidup baru facelift 1 kali lampu kurus Satria lama dig anti dengan lampu baru yang mirip seperti kepala Indian, sisanya hanya permainan sitcker.
 After all Satria F-150  adalah motor bebek dengan body terbaik dibandingkan semua motor bebek di Indonesia MENURUT SAYA. Setuju-gak setuju silakan dilampiaskan ketidak atau kestujuan anda melalui comment!

Oh iya jangan lupa tunggu pembahasan tentang motor sport ya!!!!

Selasa, 02 Oktober 2012

Shogun 110/Smash 110 Modif Dikit Lari Gan

Semua orang pasti suka jika tunggangannya bisa melaju kencang, beberapa memiliki ekspektasi yang sangat tinggi beberapa sangat rendah bahkan tidak suka kecepatan. 80% temen ane suka kecepatan dan gak bakal ketakutan,teriak-teriak ato nabok ane jika ane bawa naik motor ngebut. Nah ane puya seorang teman yang suka kecepatan namun tidak punya banyak uang jadilah Shogun 110 bro ane yang satu ini jadi korban modifikasi mesin. Hasilnya parah gan untuk trek 800 meter motor ini bisa lari kayak setan gan ane gak boong nih bahkan motor sekelas Satria F 150 dan Jupiter MX 135 bisa dikalahkan, top speed sih gak tau pastinya tapi waktu itu ane minjem MX temen ane yang lain speedometernya masih idup dan standar pas dites Jupiter MX udah gak nambah kecepatan dia masih enak bisa berakselerasi dengan cepat. Hebatnya Shogun ini belum dibore up, tapi memang untuk trek pendek agak mengecewakan 201 meter lawan Supra X 125 aja kalah.

Rahasianya sih gak banyak, tapi Shogun 110 atau Smash sendiri memang sepertinya didesighn untuk trek panjang. Gak percaya? Nih buktinya bore Shogun 110 53,5mm dan strokenya 48,8 alias overbore yang bagus untuk trek panjang. Bandingannya? coba kita bandingkan dengan Force 1 yang borenya 52mm, Jupiter Z burung hantu 51mm, Shogun 125, 53,5mm, Jupiter MX 54mm bahkan Supra X 125 hanya 52mm. Mungkin Smash adalah motor 110 dengan bore terbesar, nah masalah dari Smash adalah stroke yang pendek menciptakan torsi rendah dan limiter CDI yang teralu cepat yang membuat karakter overbore seperti terbatasi. Sebenernya sih ini racikan buat Shogun 110 tapi karena mesin yang 90% sama bisa diaplikasikan ke Smash 110

Nah langsung aja deh kita bahas korekannya!

1.CDI
Buat anda pengguna Shogun 110  CDI unlimiter analog sudah cukup untuk memberikan napas super panjang dengan bore 53,5mm. Tapi buat anda yang mendambakan kecepatan dari Smash CDI sudah jadi kewajiban untuk diubah, karena limiternya yang teralu cepat dan bahkan katanya masalah ini turun ke Titan, CDI aftermarket yang cangih,presisi dan menggunakan teknologi terbaru bisa dipilih atau bisa pakai punya Shogun 110 yang terkenal awet. CDI sendiri bertugas untuk menentukan pengapian atau membatasi RPM jadi dia seperti sebuah 'otak' CDI yang canggih biasanya bisa di atur kurva pengapiannya dan pembatasan RPMnya. Seperti manusia seorang yang kuat tidak akan mengeluarkan kekuatannya jika otaknya tidak memerintahkannya, nah hal ini juga erlaku pada motor, motor yang dapat menggali RPM tinggi jika dibatasi CDInya bakal membuatnya tidak akan menambah RPM jika sudah mencapai limiter.

2.Karburator
Karburator adalah penyuplai bensin dari sebuah mesin piston,walaupun sekarang sudah mulai tergantikan sistem injeksi, karburator masih ramai digunakan. Logikanya karburator yang lebih besar dapat memberikan suplai bahan bakar dan udara lebih banyak dibandingkan yang lebih kecil.Ini juga membuat RPM dan power bertambah karena udara dan bensin yang sangat banyak dibutuhkan ketika motor berada di atas 10000 RPM. Nah atas dasar inilah temen ane mengaplikasikan karburator RX-King yang sampai 26mm, karburator ini tergolong cukup murah dan besar, tapi tidak boleh sembarangan harus diseting ulang kalau tidak AFR nya bisa kacau. AFR sendiri diatur 14,7:1 yang merupakan perbandingan paling sempurna, lebih kering dibandingkan motor standar rata-rata yang hanya 14.0:1.

3.Kenalpot
Kenalpot freeflow memang memberikan efek dongkrakan tenaga yang cukup banyak, bisa sampai 1,5 HP dan juga pada torsi. menurut om motorplus sih kenalpot dengan leher yang pendek bakal memberikan tenaga di putaran ata yang baik, sementara yang lehernya pendek bakal memberikan torsi dan tenaga yang menggumpal di putaran bawah. Nah pas ane wawancarain dia sih gak tau soal fakta ini tapi pas ane lihat, wah ternyata dia memilih kenalpot berleher pendek. Wah pas banget dong untuk melibas trek 800 yang membutuhkan putaran atas yang baik!
4.Klep dan Noken As
Noken as adalah pengatur masuk dan keluarnya bahan bakar dan sisa pembuangan, sehingga cukup berperan besar dalam mendongkrak tenaga, untuk pemilihan noken as dia tidak tahu sih durasi noken asnya tapi pake yang aftermarket dan abang bengkelnya sih bagus. Sementara klepnya pilih klep gajah milik Sonic untuk membantu derasnya kucuran bensih dari karburator RX-King.

5.Saringan Angin dan Gear ratio
guna dari sebuah gir, selain buat tawuran adalah untuk menyambungkan rantai untuk menggerakan motor. Dia lagi-lagi lupa berapa rasio girnya tapi yang pasti pakai yang berat. Yang satu lagi adalah modifikasi paling murah meriah dan berbahaya yaitu melepas saringan angin biar udara yang masuk makin plong! memang bahaya sih tapi yang namanya gila kecepatan dan cuma dibake buat iseng-iseng dikomplek ya boleh lah!

Sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan terhadap kelinci percobaan kita ini, tetapi berhubung terbentur biaya ya belum dilakukan. Ada beberapa langkah yang dekat ini bakal dilakukan seperti bore up dengan seher Thunder dan pemasangan kopling manual. Sebenarnya bore up cukup sulit dilakukan terhadap Shogun dan Smash karena pen 14 yang jarang digunakan, papas piston juga bisa dilakukan tetapi tidak dilaksanakan karena bisa memaksa dia untuk membeli Pertamax dan juga ancaman overheat!



Si-Kebo yang kenceng banget!

Senin, 01 Oktober 2012

Supra X 125 kalahkan Jupiter Z bore up di Kenjeran

Yak bung semoga bukan cuma ane yang mikir bahwa Indoprix itu lebih seru dibandingkan Moto GP, soalnya ane pernah ngomong gitu di depan temen ane yang juga suka motor diketawain gan, kacaw nih. Ane emang lebih suka balapan undepbone karena terkesan lebih seru bagaimana pembalap dan mekanik bisa membuat mesin 110cc atau 125cc berlari kencang, apalagi kecintaan ane terhadap balapan Indonesia. Apa lagi kan kita tahu dan pernah mencoba semua motor yang ada di Indoprix, paling yang belom ane coba cuma Kawasaki Edge.
Behubung kemaren hari minggu Indoprix ditayangin di TV One, sekitar jam 3.00 sore ane nonton dan emang seru banget sih. Line up motor-motornya sih biasa untuk kelas 110: Blade,JupiterZ,Titan, dan Edge sementara untuk kelas 125 ya Supra,Shogun,Athlete dan Jupiter Z bore up. Yang menarik selama pertandingan ane mendengar beberapa kali komentator menyebutkan bahwa Supra X 125 dan Honda Blade yang dipacu oleh pembalap-pembalap sudah menggunakan sistem injeksi sementara si raja roadrace Jupiter Z masih menggunakan sistem karburator. Yang terlintas di otak ane adalah betapa serius dan cepatnya riset pabrikan Sayap buntung untuk motor balapnya, selain itu juga Yamaha yang riset NJZ atau NJZ1 nya sangat lama dan sepertinya mulai bisa di saingi oleh pasukan Blade dan Supra dari honda. Kalau melihat kelat 110 sih hasilnya Race 2 IP110 - 1.Rafid Topan#50, 2.Hadi Wijaya#12, 3.Hendriansyah#76 semuanya Jupiter Z dan belum bisa diladeni oleh Blade yang katanya punya masalah terutama di sistem pelumasan dan pendinginan bahan bakar. Sementara untuk Race 2 IP125 - 1.Denny Triyugo#96, 2.Rafid Topan#50, 3.Hendriansyah#76 yang mengejutkan diantara 4 Jupiter Z di 5 besar terselip sebuah Supra X 125 dan yang mungkin bisa bikin gak bisa tidur adalah Supra X yang ditunggangi Denny Triyugo itu berada di posisi pertama! Rafid topan sendiri sudah dengan luarbiasa mendominasi balapan sampai last lap dia berhasil dikelabui Denny Triyugo dan batal deh Yamaha podium tanpa celah di race 2 Kenjeran. Sementara Athlete dan Shogun sendiri masih belum bisa podium untuk menyaingi lincahnya sasis Jupiter Z dan canggihnya sistem mesin Supra X 125.
Yang menarik adalah bagaimana Supra X 125 bisa menaklukan Kenjeran, padahal seperti yang kita tahu Kenjeran memiliki tikungan-tikungan yang sulit dan cocok untuk sasis Jupiter Z. Kemungkinan besar sui Arm, bisa pakai punya Jupiter Z atau Blade dari motor ini diganti karena di beberapa artikel di Motorplus Supra X balap digani armya bahkan Sasisnya juga diganti untuk bisa menyaingi Jupiter Z. Begitu juga dengan sistem bahan bakarnya yang sudah menggunakan PGM-FI dan menurut pengalaman ane sih secara ane pengguna HSX PGM-FI memang jika menggunakan sistem ijeksi. Jadi mungkin perpaduan mesin yang baik diputaran bawah dan sasis baru menjadi perpaduan ampuh melibas sirkuit penuh kelokan tajam. Nah yang ane sayangkan adalah lambannya Yamaha untuk riset NJZ1 yang standarnya sudah bagus, menurut saya Jupiter Z sudah mulai ketinggalan jaman dan kepercayaan orang terhadap NJZ1 bisa saja turun jika tak kunjung turun balap.Padahal kan slogan Yamaha 'Semakin Didepan' seharusnya mereka menjadi paling depan dalam pengembangan teknologi balap!
Jupiter Z 110 Rafid Topan yang juara kelas 110!
Supra X 125 Denny Triyugo yang mengacaukan pesta Yamaha!
gambar diambil dari motorplus

China dan India Siap Serbu Pasar Indonesia


Apakabar bro-bro?  Semoga baik-baik saja! Mungkin ada beberapa dari kita yang kemarin ke IIMS itu lho Indonesia International Motor Show salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia, isinya sih mobil dan aksesorisnya ane juga rada heran sih kok gak ada motor yang dipamerin  di situ ya, padahal kan motor adalah kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Tapi gak kenapa-napa lah bisa buat cuci mata liat-liat barang mahal buat inceran kalo nanti udah tajir bisa cari duit sendiri.
Line up pabrikannya sih biasa Jepang yang gak pernah gak ikutan dan beberapa pabrikan Eropa yang pemasarannya cukup bagus di Indonesia, tapi sekarang kayaknya ada pendatang baru yup pabrikan mobil tari negri tirai bambu dan India! Mungkin kalo di sector sepeda motor sih sepertinya China sudah diujung jalan dengan image yang menyedihkan dan India sedang membangun kerajaan motornya di Indonesia dengan gempuran Bajaj dan TVS yang dijual murah dan kualitas yang sampai saat ini lumayan. Di segmen permobilan target dari pabrikan Negara tersebut juga sama seperti motornya yaitu segmen mobil murah dibawah Jepang yang sudah mapan menguasai pasar di semua kelas.

Kita mulai dari india yang diwakili oleh penghasil mobil yang katanya paling murah sedunia yup Tata yang katanya memiliki kualitas lumayan. Sepertinya mereka sudah ingin mencuri perhatian masyarakat bahkan sebelum resmi menjual mobil. Katanya sih saya denger dari mas-masnya Tata bakal bikin pabrik di Indonesia dan mlai bisnis taun depan, weh dengan pabrikan dalem negri pasti harganya makin wokeh!  Tata sudah memamerkan mobil termurah sedunia yaitu Tata Nano yang berkapasitas 624cc dan semoga setelah masuk Indonesia harganya tetep dibawah 50 juta rupiah, terus ada lagi yang menarik yaitu keluarga Ace ada yang 700cc dan 1405cc diesel. Ace EX yang hanya 700cc mungkin bisa menjadi pilihan yang cukup bagus bagi petani di pedesaan yang membutuhkan mobil bak kecil, murah dan hemat, dan menurut saya mobil ini jauh lebih multi guna dan aman dibandingkan motor 3 roda yang bisa ngankut barang. Bahkan Tata memamerkan mobil BBG mereka di hall luar. Yang saya sayangkan adalah mereka belum bisa memberikan harga untuk mobil mereka saat saya menanyakan Ace EX atau Nano mereka belum bisa member harga, “Yang pasti dibawah 80 juta” katanya dan kemungkinan besar baru diperdagangkan dan ada harganya tahun 2013.

Sekarang mari Kita lihat China yang diwakili Geely dan beberapa pabrikan truk seperti  Foton yang juga menyediakan mobil murah  untuk rakyat. Kalau Geely mungkin sudah ada yang berkeliaran di JaBoDeTaBek karena memang sudah ada sejak beberapa tahun lalu , tetapi mungkin masih kurang populer karena mungkin promosi yang terhitung kecil untuk sebuah pabrikan baru tapi bagusnya mereka rutin mengikuti  pameran. Gelly sendiri menggunakan slogan Beyond Value dan menulis gade-gedean "mobil CBU murah" mungki untuk menarik minat konsumen yang menyukai produk-produk CBU padahal sih menurut saya CBU atau lokal sama saja. Mungkin  yang harus diubah dan menjadi tantangan terbesar semua pabrikan China adalah bagaimana merubah imagenya yang cukup buruk, pintarnya Gelly menambahkan di brosurnya bahwa mereka sudah mengakusisi Vovlvo dan hasil tes uji tarak yang baik untuk meyakinkan masyarakat tentang produk mereka. 

Ya semoga berhasil lah, ane udah mulai bosen ngeliat mobil di Indonesia yang itu-itu saja !

Nih gan foto-fotonya!

Nih posting tentang mobil pertama ane bagus gak ? comment ya!