Senin, 30 Juli 2012

Suzuki Satria F150 produk tercerdas Suzuki


Yak bung tiba-tiba ane jadi pengen ngebahas tentang motor yang menjadi produk Suzuki dengan penjualan terbaik beberapa bulan,bahkan tahun belakangan ini Satria F150 memang menjadi tulang punggung penjualan Suzuki.  Memang Satria FU sangat menarik bagi semua orang dengan horsepowernya yang sangat besar untuk ukuran motor bebek dan tampangnya yang seperti motor balap dan tidak pernah terasa membosankan. Biarpun lapisan konsumen untuk motor ini terhitung kecil jika dibandingkan pesaingnya seperti Jupiter MX atau V-Xion, kalau menurut saya yang mau membeli motor ini mungkin hanya di kalangan anak muda dan berbadan kecil, kalau dibbandingkan JMX mungkin bapak-bapak masih pantas menggunakannya atau jika orang bertubuh besar tidak teralu aneh. Tapi Suzuki Satria bisa memaksimalkan pasaran yang kecil tersebut, Mungkin tanpa Satria Suzuki terkesan makin keok dengan pabrikan Jepang lainnya.
Tapi pertanyaannya kenapa…. Nih deh coba ane ulas      

   1.Karena hampir tidak ada saingan, Mungkin masih ada seperti Jupiter MX atau TVS Tormax, tapi kehadiran  pesaing-pesaing  tersebut membuat seseorang memalingkan pilihan ke produk lain. Maksutnya tidak ada kan lawan yang memiliki spesifikasi yang sama, Ketika Jupiter dan Tormax memilih gaya bebek sejati dan CS1 motor sport  Satria F150 memilih gaya ayam jago yang juga menjadikan orang yang  menyukai model ayam jago tidak memiliki pilihan lain selain Satria FU, Mungkin Athlete memiliki gaya yang sama namun kelasnya cukup jauh berbeda. Soal mesin Suzuki juga menyematkan mesin yang berbeda, Ketika Jupiter menggunakan SOCH 135 cc yang tegak dan Tormax 150cc horizontal SOCH dan keduanya overstroke. Sementara CS1 yang over bore hanya dipersenjatai kubikasi 125 dan 2 klep. Sementara Fu menggunakan mesin over bore yang membuat HP besar dan ditambah lagi dengan mekanisme DOCH dan sekali lagi menlenggang sendirian dengan spec paling berbeda dan unggul apa lagi dilengkapi 6 speed.

Seandainya Satria tidak memiliki spesifikasi yang ‘beda sendiri’ mungkin akan menjadi bulan-bulanan saingan seperti Axelo yang terjun ke pasar yang teralu ramai dan sangat dikuasai satu pabrikan. Seandainya Suzuki berani mungkin  Axelo akan diupgrade dengan spesifikasi murip Satria contohnya DOCH. Seandainya berani mungkin akan terhindar dari HSX125 dan jika iya pun mesinnya sebaiknya tidak tegak untuk menghindari ‘ancaman’ Jupiter MX.

2.Bisa jual murah, pasti anda juga setuju kalau 18 juta itu harga yang cukup murah  untuk sebuah motor 150cc bandingkan saja dengan V-Xion, Byson, atau Mega Pro yang harganya sampai 20an juta rupiah. Karena memang untuk penggemar kecepatan FU didesign se enteng mungkin, nah menciptakan motor enteng itulah yang membuatnya jadi murah perhatikan saja Framenya jauh lebih lebih enteng dan menggunakan sedikit besi dibandingkan saingan dari kelas sportnya dan juga tetap lebih enteng jika dibandingkan saingan bebeknya seperti MX atau CS1. Penghematan paling besar mungkin ada di bagian plastik untuk menutupi rangka yang membuatnya sangat enteng. Bandingkan dengan Jupiter MX yang bodynya cukup lebar, apa lagi CS1 yang sangat boros plastik yang membuat beratnya sampai 114Kg dan membengkakan ongkos produksi yang membuat CS1 terkesan ‘overprice’. Tapi hebatnya lagi beragam penghematan ini tidak membuat Satria F150 terkesan murahan seperti yang terjadi pada Shogun 110 setelah menjadi Smash, garis desighnnya membuatnya malah terkesan sporty dan tidak berkelas.

3.Mudah dioprek, karena anak muda senang memodfikasi motornya kecerdasan Suzuki adalah selain DOCH tidak ada teknologi yang teralu tinggi yang disematkan pada FU karena terbukti sampai post ini ditulis belum pernah ada bebek injeksi yang sukses dipasaran bahkan HSX injeksi (motor ane) penjualannya gatot  karena pembeli di kelas ini memang banyak yang hobi modifikasi, berbeda dengan kelas sport dimana V-Xion sangat merajai pasaran dengan teknologi injeksinya. Karena targetnya adalah penyuka kecepatan yang kebanyakan anak muda hobi memodifikasi  tunggangannya Suzuki tidak menyematkan teknologi injeksi yang biaya modifikasinya masih mahal dan susah karena banyaknya sensor yang harus ditipu. Mungkin jika teknolog V-Xion sangat merajai pasaran dengan teknologi injeksinya. Karena targetnya adalah penyuka kecepatan yang kebanyakan anak muda hobi memodifikasi  tunggangannya Suzuki tidak menyematkan teknologi injeksi yang biaya modifikasinya masih mahal dan susah karena banyaknya sensor yang harus ditipu. Mungkin jika teknologi injeksi sudah banyak digunakan di ajang balap seperti Indoprix dan makin banyak bebek berinjeksi Suzuki baru berani meluncurkan Satria FU injeksi.

4.Sebenarnya sadarkah anda sejak pertama kali Suzuki meluncurkan Satria F150 Suzuki sudah mengorbankan sebuah pasar gemuk yaitu motor sport 150cc. Jadi semenjak FU meluncur kemungkinan FSX nongol sudah tertutup, kemungkinan motor sport di pasar gemuk Suzuki tinggal kelas 125cc yang sudah mulai di tinggalkan dan 250cc. Pasar moge 125cc sendiri sudah diisi dengan Thunder yang merupakan Fu bore down dan SOCH bahkan downgrade mesin dari FU dan Thinder 125 sangat besar, apa lagi pasar moge 125 sudah ditinggalkan dan yang sedang ramai-ramainya adalah pasar moge 150 yang dikorbankan Suzuki. Sementara pasar 250 yang masih kecil bakal diisi  GW-250 yang  gak nongol-nongol. Jadi jika Suzuki mau bikin moge baru harus menciptakan pasar baru seperti kelas 160cc yang ditinggalkan Mega Pro atau 200cc melawan Tiger dan Scorpio.

Jadi kunci keuksesan Satria FU adalah karena dia memiliki spec yang tertinggi di kelasnya dengan penempatan harga yang pas. Fokus terhadap pasar yang dituju juga menjadi tunjangan bebek super pabrikan S ini.

Rabu, 25 Juli 2012

Supra X 125 waktumu untuk facelift


Yak pertama tama assalamualaikum dulu dah buat semua pembaca Adler’s Engine ya mumpung lagi puasa enak nih nulis-nulis pendapat dan ilmu ane yang semoga berguna dan jadi pahala buat kita semua. Yak bro-bro pasti setuju dong kalo yang namanya masuknya produk baru bakal merubah yang namanya peta penjualan, apa lagi di bidang otomotif yang konsumenya lebih selektif dan berpikir jangka panjang. Bahkan Cuma facelift saja tanpa merubah mesin sudah bisa mengatrol penjualan cukup hebat seperti kasus Honda Blade yang sekarang bikin kocar kacir Yamaha yang Jupiter Z yang tadinya penguasa pasar tunggal terancam. Nah hukum alam adalah aksi-reaksi juga terbukti aksi Honda membuat Yamaha mengambil reaksi. Jupiter Z yang terancampun dirombak total oleh pabrikan garpu tala dan ternyata cukup ekstrem. Memang cc masih sama seperti yang dulu namun dengan teknologi dan spesifikasi yang menyamai atau bahkan melewati spesifikasi motor-motor kelas 125, Yang membuatnya terkesan menebus dosa lama Yamaha yang menggunakan mesin Vega untuk Jupiter Z. Dari tenaganya yang sampai 10ps dan masih 115cc cukup menunjukan bahwa misi yang diusung bukan hanya untuk membantai kelas 115cc Honda dan Suzuki tapi juga kelas 125cc pabrikan barusan. Hal lain yang menunjukan indikasi ini adalah harga yang dipatok diatas harga temahal varian 115cc lainnya dan dibawah ‘pahe’ kelas 125 varian tetangga, mungkin dua hal yang membuat Yamaha membore up Jupiter Z adalah karena takut mengulangi ‘kesalahan’ Suzuki dulu dan adanya kemungkinan bisa menimbulkan ‘kanibal’ dalam penjualan dengan Jupiter MX 4 speed.
 Nah barusan adalah skema Yamaha targetnya tentu yang memiliki penjualan diatasnya yaitu Blade dan HSX, namun yang menarik bagi saya adalah bagaimana Honda menyelamatkan ‘si raja motor bebek’. Menurut ane ada baiknya buat Honda melakukan major facelift terhadap motor yang satu ini saya yakin sekali bukan Cuma saya yang merasa bosan dengan model dua lampunya yang sangat kalem dan cukup terkesan ‘bapak-bapak’. Walapun Honda sering mengubah sticker bertuliskan R nya yang keren banget tapi yang ngak mengurangi ke bosanan ane dan kebanyakan temen ane. Motor macam HSX125 ini memang sangat menguntungkan pabrikan bayangkan saja umurnya sangat  panjang tanpa perubahan lekuk body yang tidak mengharuskan pabrikan untuk membuat cetakan baru yang ‘makan duit lagi’ yang juga menghemat ongkos produksi. Yang lebih hebatnya adalah mesin yang dipakai juga masih sama pesis seperti yang digunakan oleh Karisma 125 yang memungkinkan ‘common part’, jadi Honda tidak perlu membuat cetakan mesin baru dan tidak usah terus membuat spare part motor lamanya dan membuat part motor barunya secara bersamaan. Mesin Karisma sendiri memang terkenal bandel,awet, hemat dan sangat cocok untuk pengguna motor di Indonesia, mungkin karena itu HSX jadi menarik karena mesinnya sudah teruji dan terbukti bagus jadi biarpun teknologi pas-pasan dari jaman Karisma, tapi kalau kita membelinya tidak aka nada rasa takut terhadap ‘produk gagal’ atau perawatan yang susah kalau kita membeli mesi yang benar-benar baru. Tapi ya rasa bosan masyarakat itulah yang bisa menjatuhkan HSX apa lagi ada lawan baru yaitu NJZ1 yang sepertinya sudah naik kelas. Ada baiknya bagi Honda untuk mengubah total body HSX dan untuk kebutuhan balap mungkin perubahan pada ‘garpu’ dari motor ini sendiri yang memang banyak pembalap yang tidak suka jika Honda mau menambahkan kepedulian terhadap ajang road race. Menurut saya lagi alangkah bainknya jika major faceliftnya tidak menghilangkan garis dasar HSX yang bergaya kalem dan elegan karena selain cukup disukai dan saingannya kebanyakan menarik garis sporty. Sementara untuk mesi alangkah baiknya jika masih menggunakan basis mesin yang sekarang dengan beberapa penambahan teknologi seperti EFT, piston fogged, penutup seher model baru (seperti Blade dan Revo), menghidupkan lagi versi injeksi dan menambah kompresi (ngarep),agar motor dengan torsi paling besar di kelasnya ini makin menarik dan tidak kalah dengan motor dengan kelas lebih rendah seperti Blade yang mengaplikasikan tutup seher persegi dan EFT.
Tapi kemungkinan meluncurkan HSX major facelift dalam waktu dekat kemungkinan sangat kecil apa lagi belom penah ada kabar soal ini,ditambah lagi penjualan HSX yang masih sangan baik. Ini cuman merupakan saran dan pendapat ane buat Honda, tapi kalau seandainya ekspektasi Yamaha tercapai yaitu membuat penjualan Jupiter Z1 dapat melebihi atau bahkan menginggalkan jauh Supra X 125, atau Suzuki berhasil membangunkan Shogun atau Axelonya yang sudah tertidur cukup lama Honda bisa saja mengambil keputusan yang barusan ane jelasin. Kecuali emang Honda berani naikin taruhan dengan melakukan major facelift sebelum kedua hal tersebut terjadi kalo berhasil yang pasti gede tapi kalo kalah ya Bandar bisa ngejatohin pasar salah satu motor Honda dengan penjualan terbesar.
Yak segini aja ya dari ane……………..



 VS.

Kamis, 19 Juli 2012

Bloggers' Shout Out

Yak saudara-saudara buat anda para Blogger dan hobi menulis ada nih page Facebook yang bagus banget untuk  berbagi. Yaitu Bloggers' Shout Out yak silakan gabung aja deh gampang kok tinggal klik baner Bloggers' Shout Out di bagian banner teman di blog ane monggo lah.






 Tapi ada aturannya bro baca dulu sebelum ikutan:
1. Blogger Campaign tidak bertindak dengan tujuan mendapatkan uang (ini nih yang saya suka dari komunitas ini, gak komersil, jadi misi sosialnya pasti akan murni)
2. Blogger Campaign tidak bertindak dengan tujuan mempromosikan suatu produk tertentu, atau mendukung suatu hal yang berkenaan dengan masalah politik di dalam negeri (Ini nih yang saya maksud komunitas ini pasti gak bakalan dapat campur tangan politik).
3. Blogger Campaign menyampaikan aspirasi positif, ide baru, kreatifitas, dan lain-lain. Jadi, daripada meraup keuntungan, Blogger Campaign ini lebih punya tujuan untuk memperbaiki suatu pemikiran negatif pada umumnya menjadi lebih positif, dan juga memperluas wawasan para onliners di Indonesia (wah misinya keren banget yah, mengubah pemikiran negatif brow serta mempeluas wawasan para onliners. Bisa dapat pahala nih).
4. Media yang digunakan adalah sama. Yaitu, blog masing-masing peserta Blogger Campaign yang udah didaftarkan pada Bloggers' Shout Out! ini. Hanya saja model postingannya boleh berupa tulisan bebas, cerpen, puisi, artwork dan bahkan juga video. Yang penting sesuai dengan tema yang sedang diangkat (bisa jalin relasi dari komunitas ini nih, pasti akan banyak saran-saran untuk perbaikan tulisan ke depannya deh).


ada beberapa bagian yang ane copas dari:http://wahyuddin-wahyuddin.blogspot.com/2012/06/bloggers-shout-out.html

yak makasih semoga membantu!

Selasa, 17 Juli 2012

Seandainya Mocin Gak Cuma Plagiat

Menurut saya memang target motor-motor Cina adalah memproduksi motor murah yang lebih tidak terjangkau motor-motor Jepang. Salah satu bentuk penghematan adalah menurunkan kualitas produksi agar dapat menjual dengan harga yang lebih murah.Seperti contoh adalah kualitas plastik dan bahan produksi lainnya standar quality control yang diturunkan, tapi mungkin orang kalau beli motor macam itu masih mau-mau saja untuk orang yang memang berpikir untuk hemat dan 'you got what you pay'. Tapi menurut saya yang bikin orang males beli motor macam gini adalah bodynya yang plagiat banget. Malu dong kalo dari jauh keliatan kaya motor jepang tapi ternyata barang kopian, kesannya jadi kaya noh motor gak ber kualitas banget masa body aja jiplakan. Seandainya produsen motor kecil berani bikin gaya sendiri mungkin hasilnya lebih baik gak cuman ngetop di awal cuman lama-lama seret jualannya. Coba ambil contoh Bajaj yang berani bikin gaya sendiri hasilnya tidak dicap orang sebagai motor murahan, Bajaj juga memberikan kualitas yang lumayan tinggi dan hasilnya pun lumayan. Memang memakai cetakan motor pabrikan lain atau jiplakan sering digunakan perusahaan motor kecil, bahkan motor pertama Yamaha adalah jiplakan dari motor Jerman. Tapi hanya sebentar dan Yamaha pun membuat motor yang total baru dan sekarang menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Contoh lain adalah Minerva yang awalnya menggunakan body mirip sekali dengan CBR 150, tapi sekarang imagenya mulai terbangun setelah membuat model baru yang berbeda dengan kualitas yang lumayan. Nah menurut saya sekarang saatnya perusahaan kecil bangun dengan gayanya sendiri, atau mengeksploitasi pasar yang sepi seperti motor niaga. Kalau mesin masih jiplakan sih tidak apa-apa asal body berani beda dan kualitas dinaikan tapi harga tidak boleh teralu tinggi.

contoh body yang mirip Jupiter Z dengan perubahan sedikit dari salah satu produsen motor murah.


















seharusnya produsen motor kecil lebih mengeksploitasi pasar motor macam ini.






Harga Jupiter Z1 14,3 juta... Mau lawan Supra X?

yak saudara-saudara Yamaha akhirnya mengeluarkan harga buat Jupiter Z 115 cc untuk versi spoke wheel (velg standar) akan dilepas seharga 14,3 juta sementara yang cast wheel (velg racing) akan dilepas seharga 15,1 juta rupiah.Melihat dari penjualan NJZ sendiri versi SW bakal sangat kecil penjualanya dibandingkan yang CW, mungkin karena kalau beli yang SW lebih baik beli Vega ZR sekaligus. Tapi saya menyayangkan tingginya harga varian CW kalau orang melihat angka 15,1 juta akan terasa mahal untuk sebuah bebek 115cc andaikan harganya disetel di angka 14,9 juta pasti akan jauh terasa lebih murah. Sedangkan harga versi SW adalah 14,3 juta yang di sayangkannya lagi adalah jauhnya harga yang versi SW dan CW jika saya bayangkan rasanya cukup 600 ribu rupiah sebagai tambahan untuk velg racing apa lagi tidak ditambah disk brake belakang. Tapi mungkin ini strategi dari Yamaha agar Jupiter Z1 lebih mengarah ke HSX setidaknya sengacaukan pasar Supra X 125D kalau yang 125R mungkin akan dilawan oleh Jupiter MX 4 speed. Nah kalo udah gini saran ane buat Yamaha adalah bikin Vega ZR yang CW buat nyaingin Revo 110 lagi pula jarak spesifikasi Vega ZR dan Jupiter Z1 sudah terhitung jauh kok, bikin Jupiter Z pake sticker moto gp kaya yang dipake ama Lorenzo, dan yang terakhir ya bikin semua varian Jupiter dengan dual disk brake....


tuh keren kan vega pake velg racing!














nah kalo keluar Jupiter Z1 yang macam gini terus pake cakram belakang bisa apa Blade!!










Semoga membantu!!!!

Motor-Motor dengan isu downgrade

yak pernah denger kan istilah downgrade atau penurunan kualitas dari suatu produk, downgrade juga sering terjadi di pabrikan motor. Ada yang berakibat fatal ada juga yang tidak berpengaruh terhadap penjualan motor tersebut dan image sebuah pabrikan. Bahkan ada yang karena sebuah produk downgrade penjualannya turun drastis.

1.Suzuki Smash
Yak bung banyak yang bilang ini adalah kesalahan terbesar Suzuki yang paling fatal dan efeknya sampe sekarang.Kesalahan pertama adalah membunuh Shogun 110 yang sedang di masa kejayaannya akibat teralu nafsu mengejar Honda, Shogun 125 pun diluncurkan dan Kehebatan mesin 110 tersebut di masukan ke Suzuki Smash. Tapi akibat serbuan mocin Suzuki merancang Smash agar bisa lebih murah sehingga body dan bahn-bahanya pun tak sebagus Shogun CDI unlimiter pun digantikan oleh CDI limiter yang menurut saya limiternya teralu cepat sehingga performanya tidak seenak Shogun 110. Jadilah sebuah Smash kerupuk yang baru bentar bodynya udah pada rusak, apa lagi tak lama setelah itu Yamaha bikin Vega R yang basis mesinnya mirip Jupiter Z yang makin nabok Suzuki. Reaksi Suzuki pin telat buat ngefacelift Smash baru tahun 2006 namun image downgrade tetap melekat, akhirnya Titan pun meluncur dengan amunisi serba baru namun sangat telat image Suzuki keburu rusak dan penjualannya tersusul Yamaha dan kayaknya susah buat dikejar.
Shogun 110




        Smash 110











2.Yamaha Vega ZR











Yak bung ini ane sih juga rada taku nulisnya takut banyak yang marah soale pas ane cari soal ini di wordpress ato blog gak ada yang nulis bahwa nih motor downgrade. tapi menurut ane dari Vega R ke Vega ZR ada penurunana kualitas yang cukup bisa dilihat, terutama di sektor mesin yak penurunan power cukup jelas terjadi dari dua itik tersebut jika Vega R bisa menyemburkan 9,3 ps Vega ZR cuma bisa 8,16ps torsinya juga berkurang jika Vega R sampai 0,92 kgf.m / 5000 rpm Vega ZR hanya mampu menghasilkan 0,86 kgf.m / 4000 rpm bahkan tarikannya pun cukup berbeda dan Vega R juga masih lebih unggul. Panel speedometer Vega ZR juga terkesan murahan dibandingkan Vega R, namun untungnya body yang lebih sporty dan konsumsi mesin overstroke yang lebih hemat menyelamatkan Vega ZR. Kalo menurut ane sih nih motor sebenernya sama kaya NJZ yang merupakan kelinci percobaan Yamaha buat bore X stroke yang baru makanya masih belum teralu sempurna racikannya pas udah disempurnain baru keluar kehebatannya ya di JZ1 itu loh yang ternyata hebat banget. Balik ke Vega bukti superioritas mesin Vega R dapat kita lihat di road race dimana mesin Jupi burung hantu lebih di gemari oleh pembalap dibandingkan NJZ dan harga jual Vega R seken mendekati Vega ZR yang lebih muda. Tapi untungnya Yamaha cepet-cepet keluarin Jupiter Z1 ngegantiin NJZ sebelum telat.

3.Vario 125

 Yak produk anyar Honda ini jika kita lihat memang spesifikasi dan teknologinya palig tokcer mantep paling tinggi, coba aja bayangin ESP,PGM-FI dan masih banyak lagi dah. Tapi ternyata banyak tuh keluhan yang menerpa Vario yang satu ini seperti akselerasi yang lambat mungkin karena CDI atau memang pengapiannya tidak disetel untuk kencang agar menjaga konsumsi bbmnya. Sementara ada dua masalah yang mungkin timbul akibat kompresinya yang tinggi ampe 11:1 makanya bikin keluhan seperti overheating kemungkinan karena radiator yang kurang memadai dan kompresi yang tingi. Keluhan yang terakhir adalah bunyi ngorok mungkin karena penggunaan bensin beroktan rendah (premium). Nah ane bilang kok jadi jelek banget ya kalo dibandingin Vario 110.















 tapi kalo modelnya ya cantikan yang Vario 125 heheheheheheheh.












Yak demikian dari saya kalo gak suka moggo komen jangan ngamuk!
Semoga membantu!
 











Senin, 16 Juli 2012

Video kocak

yak bung pas ane iseng-iseng nyari yang kocak tiba-tiba ane nemu nih video ngakak banget bro di video ini menunjukan seorang anak yang coba freestyle tapi tidak bisa mengendalikan motornya. Dan akhirnya diapun tercebur ke selokan! NGAKAK DAH GAN! emang tragis sih tapi ane udah nonton puluhan kali kok masih ngakak ya.........

Motor 'Collector item' murah part 2

3.CS1
Yak motor ini kalau tidak salah masih di produksi oleh AHM dengan harga 17 jutaan, genrenya sih motor sport tapi bodynya mirip-mirip bebek juga sih. Bodynya paling berani beda dan sangat ekxtrem mirip-mirip motor di film masa depan gitu pokonya unik sih, tapi sayangnya ya karena yang suka cuma dikit penjualannya bisa disebut kurang berhasil. Mesinnya sih udah bagus hampir sama kaya Sonic tapi katanya sih kompresinya lebih rendah. Buat anda yang pengen beli secondnya harganya juga murah untuk motor Honda bahkan bisa lebih murah dibandingkan HSX 125. kalo sekarang sih nih motor masih lumayan rame tapi mungkin 5 tahun kedepan udah jarang dan unik banget apalagi bodynya gak biasa banget!

4.Honda Kirana

Jarang denger kan soal nih motor? Motor ini sendiri adalah bebek 125 pertama Honda di indonesia mesinnya sih 11-12 ama Karisma. Diluncurin tahun 2002 dan sempat di duetkan dengan Karisma yang nongol tak lama setelah si cahaya nongol. Bodynya unik banget gayanya jadul gitu mirip Astrea dengan penutup rante plus dual tromol khas banget motor jadul, bahkan kerennya lagi ada isu nih motor CBU dari Thailand dan CDI nya beda dari Karisma 125. Jadi buat anda yang pengen kesan klasik dan langka silakan nyari nih motor kalo hoki bisa nemu yang tahun 2004 , kalo mesin sih mungkin bisa common part dengan Karisma tapi kalo body agak susah sih ya........


Sekian semoga membantu!!!!!!!!

Motor 'Collector Item' Murah part1

Yak saudara-saudara pasti pernah kan denger yang namanya collector item, itu loh maksutnya barang-barang langka yang sering dijadiin koleksi ama orang. Nah buat anda yang ogah mainstream ato males pake barang pasaran nih ane kasih list motor-motor yang bisa dijadiin motor-motor koleksi ato motor langka buat harian. Biar gampang nyarinya di parkiran, biasanya sih motor yang gak laku padahal cukuo bagus ato masa produksinya yang sangat pendek.

1.Jupiter Z cast wheel
Kalo jupiter Z yang NJZ,Jupiter Z burhan, Ato Jupiter Z1 udah sering banget lihat kan malah udah hampir bosen karena cast wheel adalah salah satu dari sedikit pembeda Jupiter Z burhan dan new Jupiter Z dari varian Vega di angkatannya. Tapi jarang kan ngeliat Jupiter Z generasi pertama yang cast wheel tapi bukan yang modifan. Memang Jupiter Z sejak jaman Jupiter tidak memiliki varian CW. Sampai akhirnya tahun 2004 motor komeng ini diberikan versi CW namun baru satu tahun Jupiter Z generasi pertama memiliki varian velg palang Jupiter Z burung hantu sudah meluncur pada 2005. Alhasil baru setahun varian ini dijual sudah discontinue, ciri-ciri dari motor langka ini adalah lampu belakang yang lebih sporty dibandingkan versi SW. Kalau mau motor ini biasanya ditebus dengan harga 6-7 juta tergantung kondisi.




lampu belakangnya beda sama yang SW






2.Betik
Betik atau bebek metik seperti Lexam atau Revo AT tentunya adalah produk baru yang hadi setelah hadirnya maticharapannya adalah memberikan inofasi baru atau matic bergaya sporty. Tapi hasilnya parah masyarakat tidak menyukainya dan penjualannya terhitung gagal hingga keduanya discontinue dan seandainya masih ada penjualannya palingan hanya menghabiskan stok di gudang dan dealer. Jadi buat yang kepengen bisa nemu yang baru di dealer (kalau beruntung) atau beli yang second biarpun perlu usaha karena langkanya nih motor namun jika nemu kemungkinan harganya terjun bebas.












Minggu, 15 Juli 2012

Jupiter Z1 vs Honda Supra X vs Shogun Axelo vs Athlete part2

Yak saudara-saudara mari kita lihat dari sisi mesin seberapa unggul kah Jupiter Z1 dibandingkan para pesaingnya.............................

Supra X 125:
Yamaha Jupiter Z1































Nah bro coba kita bandingin horse power diantara keempat bebek ini:
Supra X 125:      Bore 52,4mm- 9,6ps/7500rpm
Shogun Axelo R: Bore 53,5mm-10ps/8500rpm
Athlete:               Bore 56mm-9,9ps/8000rpm
Jupiter Z1:          Bore 50mm-10,06ps/7750rpm

Yak yang mengejutkan Jupiter Z1 yang memiliki bore paling kecil diantara para pesaingnya malah memiliki tenaga kuda paling besar walaupin hampir sama dengan Shogun Axelo namun memiliki keunggulan yaitu top powernya lebih cepat dicapai dan membuat akselerasi lebih baik.

Nah coba kita bandingin torsinya diantara semuanya:
Supra X 125:     Stroke 57,9mm-kompresi 9,0-10.2Nm
Shogun Axelo R:Stroke 55,2mm-kompresi 9,6-9,9Nm
Athlete:              Stroke 50,6mm-kompresi 9,8-8,6Nm
Jupiter Z1:          Stroke 57,9mm-kompresi 9,3-9,9Nm

Kalau torsi sih kalah dikit dibandingin Supra X 125 mungkin karena stipe mesinnya yang cenderung besar di torsi padahal memiliki kompresi paling kecil dibandingkan 3 motor lainnya atau bahkan paling rendah dibandingkan motor bebek 4-tak lainnya diIndonesia.

Kesimpulan:Kalo body mungkin ya sesuai selera lah tapi kalo mesin sepertinya JZ1 bukan tandingan motor kelas 110 macam Blade atau Titan tapi sekelas dengan motor-motor 125cc mengingat harganya yang sampai 14,5 juta ya seharga dengan Supra X 125D. Tapi saran ane ya buat Yamaha sebaiknya nih motor diberikan fitur dual disk brake selain menaikan value for money disk brake belakang juga sering dijadikan checklist buat beli motor buat ane.....

Sekian dari saya semoga membantu!

Jumat, 13 Juli 2012

Jupiter Z1 vs Honda Supra X vs Shogun Axelo vs Athlete part 1

yak kawan-kawan pasti bukan cuma ane kan yang kaget ngeliat tenaga dan torsi si bebek suntikan Yamaha yang mempunyai cc 115 over stroke ini tapi powernya udah segede motor 125 cc. kalo teknologinya kan udah pada di ulas kan ama orang tapi kali ini ane pengen ccoba bandingin ama motor yang punya kelebihan 10 cc dibandingkan si bebek. ya saingannya bebek jepang juga kalo di sini Axelo,Supra X dan Athlete.










Body:
Kalo dari body sih semuanya menganut tipe yang sama yaitu model bebek sejati berlampu dua  kecuali bebek geng ijo yang menganut  model ayam jago layaknya Satria FU. Kalo HSX sih modelnya terkesan elegan dan padat yang bikin keren ya sticker 'R' itu yang sering ganti-ganti. Tapi yang bikin kurang sreg karena bodynya udah lama banget gak diganti lama- lama jadi bosenin banget. Kalo Axelo sih masih mirip-mirip ama Shogun yang terakhir bisa dibilang cuma Shogun facelift tapi masih lebih gak bosenin dibandingin Supra X yang kesannya bapak-bapak banget kalo Axelo masih rada ABG. Kalo Ahlete yang paling nyeleneh diantara semuanya pake model ayam jago dan stang jepit. Yang terakhir ya si Z1 modelnya sih mirip Jupiter Z karburator yang terakhir tapi katanya sih dengan penyempurnaan biar menambar pendinginan udara dan aerodinamis



















Selasa, 10 Juli 2012

wow Jupiter Z1 akhirnya nongol part2

2. Penampilan
Kalo dari depan kita lihat bodynya lumayan mirip dengan pendahulunya yang emang ganteng namun ada beberapa perubahan yang diberikan oleh pabrikan garpu tala seperti lampu senjanya yang dibikin lebih sipit dan tajam meskipun lokasinya sama saja seperti NJZ setangnya sih dari depan mirip seperti yang dulu perubahan di bagian depan di klaim yamaha membuatnya lebih aerodinamis yang terinspirasi dari Moto GP. Peleknya sama seperti yang dulu hanya diberikan lis warna agar terlihat di malam hari untuk meningkatkan safety.
sementara speedometrnya juga berubah model dua buletan khas NJZ sudah diubah jadi total baru kalo dulu kecepatan berada di sebelah kiri sementara gear position dan penunjuk bensin di sebelah kanan. Yang baru penunjuk kecepatannya di tengah, gear position di atas, penunjuk bensin di kanan dan ada malfunction indicator di kiri.
kalo ane sih lebih suka yang lama biarpun yang baru terlihat lebih gagah tapi yang lama terlihat lebih futuristik.
Udah ya buat bahasan bebek suntikan ini (kaya ayam negri aja disuntikin mulu) semoga berguna




Tapi saran ya, dari ane buat Yamaha bukannya akan lebih baik jika bebek dengan performa setinggi ini dan semahal gini dipakein cakram biar pakem gitu gak malu apa ama tetangga!

wow Jupiter Z1 akhirnya nongol part 1

Yak akhirnya Yamaha yang penjualan Jupiter Z nya digerecokin Blade melakukan perubahan besar kepada bebek jagoan balapnya. Jupiter Z lama yang keluhannya lumayan banyak akhirnya disuntik mati dan diubah total mesinnya dan sedikit perubahan pada bodynya dan dituturkan lebih aerodinamis dibandingkan yang sebelumnya.
1.Mesin
bagian inilah yang paling banyak perubahan yang cukup radikal dimulai dengan pengaplikasian injeksi yang terbukti di semua motor bikin akselerasinya makin joss. Tapi buat para manusia yang hobi ngoprek motor tenang aja Yamaha berencana memasarkan ECU dan piranti adjustable lainnya buat bebek yang satu ini, weh gila beneran motor oprekan nih. Cranksaftnya juga udah bi ganti pake YZ Crankshaft Technology yang diberi bandul balancer. Teknologinya juga ada lagi yang udah diaplikasiin ke motor Yamaha yang sebelumnya Diasil silinder dan  Fogged piston. semua teknologi itu pastinya membuat Jupiter Z1 tambah kencang dan uniknya lagi juga top power dan torsi motor di kertas yang pakai injeksi lebih kecil dibandingkan yang dipakaikan karburator contohnya HSX 125 yang karburatornya 9,3ps yang injeksi malah turun jadi 9,18ps dan torsi karbunya 1,03 kgf.m yang injeksi hanya 0,99kgf.m . Tapi Z1 beda kalo yang karburator cuma 6.0kw dan torsinya 8,6 nm yang ini 7,4kw dan 9,9nm buset gede sangat. coba kalo kita bandingin ama tetangga kalo Z1 tenaganya 10,06ps dan torsinya 1.01 kgf.m sementara Blade tenaganya 8,4ps dan  torsinya 0,83kgf.m dan HSX  tenaganya 9.3ps dan torsinya 1,03 kgf.m. Dari data yang ane dapetin Jupiter Z1 pastinya dengan mudah ngasepin Blade dan bisa ngalahin HSX yang beda 10cc. Jadi mesinnya bisa dianggep sekelas ama motor-motor 125 dan lebih tinggi dari kelas 110 . Soal harga sih yang ane dapet dari otomotifnet sekitar 14,6 juta yahh pantes lah buat motor yang kayaknya bakal jadi senjata Yamaha buat HSX ama Blade kalo bandingan sih lebih mahal 800 ribu dibandingin Blade ama 50 ribu dibandingin HSX SW. Gak ada algi deh istilah Vega ZR ganti baju!

BACA BAGIAN DUANYA YA.................

Minggu, 01 Juli 2012

2-Tak terakhir

Kita pasti masih ingat dan mengenang suara cempreng motor 2-tak dan baunya yang khas berjalan di jalanan kota sambil menyebarkan asap yang hitam pekat. Kita juga masih ingat kan saat RX-King masih belum bisa samai kecepatannya oleh motor 4-tak manapun dan kita masih ingat kan betapa larisnya motor 2 langkah dulu. Tapi sayangnya semuanya mulai berganti akibat 4-takisasi dan isu gas buang yang perlahan membunur varian motor kencang ini. Apa lagi majunya teknologi 4-tak seperti pengaplikasia DOCH atau injeksi juga membuat motor-motor yang menggunakan sistim klep ini bisa sekencang motor 2 langkah. Tapi buat anda yang anti sama motor yang gak pake oli samping masih ada kira-kira 2 model motor kok yang masih dijual atpm kalo gak mau maksain beli dari importir umum.

1.Kawasaki Ninja 150
Motor ini memang dari dulu ngetop apa lagi setelah Yamaha RX-King gak diproduksi lagi otomatis motor yang satu ini jadi impian tertinggi anak muda selain kakaknya Ninja 250R. Kawasaki udah nanem banyak banget teknologi biar nih motor bisa tetep dijual karena aturan emisi euro2 yang juga menyuntik mati banyak varian 2-tak lain. Nah akibat banyaknya teknologi itulah harganya sadis euy paling murah 25juta buat si ninja N sedangkan kalo mau yang racing look harganya ampe 35jeti. tapi gak bakal bikin nyesel kok tenaga 21 kw pasti bakal ninggalin semua motor 4 langkah dengan cc dibawah 200.



Spesifikasi
FRAME
Suspensi Depan Telescopic Fork Suspension
Suspensi Belakang Monoshock Suspension
Rem Depan Rem Cakram Twin Port
Rem Belakang Rem Cakram Twin Port
Ban Depan 90/90-17 49S Tube-type
Ban Belakang 110/80-17 57S Tube-type
Panjang x Lebar x Tinggi 1.975 mm x 719 mm x 1.090 mm
Jarak Poros Roda 1.305 mm
Jarak ke Tanah 145 mm
Berat 124,5 kg
Kapasitas Bensin 10,8 liter
ENGINE
Tipe 2-TAK, CRANKCASE REEDVALVE, SUPER KIPS, HSAS
Maksimum Power 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum 21,6 Nm / 9.000 RPM
Karburator Mikuni VM 28
Diameter 59,0 x 54,4 mm
Perbandingan Kompresi 6,8 : 1
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi 6 speed, constant mesh, return shift
Primary Reduction Ratio 3.000 ( 42/14 )
Rasio Gigi Ke-1 2.700 ( 27/10 )
Rasio Gigi Ke-2 1.706 ( 29/17 )
Rasio Gigi Ke-3 1.300 ( 26/20 )
Rasio Gigi Ke-4 1.090 ( 24/22 )
Rasio Gigi Ke-5 0.952 ( 20/21 )
Rasio Gigi Ke-6 0.863 ( 19/22 )
Tipe System Final Drive Chain Drive
Drive Rasio Keseluruhan 8.479 @ top gear
Kapasitas Oli Samping 1 liter
Sistem Pelumasan Oli Oil Injection
Kapasitas Coolant 1 liter


2.Vespa PX 150
yak kalo yang satu ini emang beneran buat ente yang cinta vespa dan gak sempet beli dulu dengan tampang yang unik jadul gitu basti narik perhatian semaua orang yang ada di jalan. Modelnya beneran Vespa banget dah apa lagi ini satu-satunya varian Vespa yang masih 2-tak dan menggunakan transmisi manual jadi sama banget ama Vespa-Vespa jadul yang banyak dimodif anak berambut gimbal. Mesinnya pun masih sama kaya Vespa jadoel dan ya yang beda cuma disk brakenya ama emisinya yang hebatnya dapet euro3. tenaga sih kecil cuma 5 kw namanya juga Vespa siapa juga yang mau ngebut ama Vespa.Tapi modelnya itu loh everlasting banget abadi! Tapi yang bikin kecewa itu ya cuma harganya yang ampe 60 juta!!!! buset mahal amat ya... ngecewain sih jadi gak semua orang bisa beli palingan orang kaya yang ogah pake motor Jepang doang... tapi kalo dipikir-pikir Vespa biar mahal tapi kan awetnya ampe berabad-abad orang bodinya aja plat besi emangnya Jepang punya plastik......

MESIN


Mesin 2 Langkah, silinder tunggal
Sistem Pengapian Karburator
Kapasitas 150cc
Daya Maksimum 5.8 kW/6.000 rpm
Torsi Maksimum 11.2 Nm/4.000 rpm
Sistem Pendinginan Udara
Transmisi Manual, 4 speed

SASIS


Suspensi Depan Lengan tunggal dengan pegas helical & peredam kejut hidrolis double-acting tunggal
Suspensi Belakang Peredam kejut
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 3.50-10"
Ban Belakang 3.50-10"

DIMENSI


Panjang 1.780 mm
Lebar 750 mm
Tinggi keseluruhan 1.370mm
Jarak Sumbu Roda 1.250 mm
Kapasitas Tangki 8 L
Emisi Euro 3