Jumat, 11 Mei 2012

Motor-Motor yang harusnya tidak Discontinue

ada beberapa motor-yang memang cukup mengecewakan karena produksinya tidah dilanjutkan padahal masih banyak orang yang ingin. Atau bahkan malah membuat parbrikan tersebut merugi karena pemberhentian produksi tuh motor nih diantaranya:
RX-King
siapa sih yang gak kenal motor jambret berkapasitas 135cc dua langkah ini memang terkenal jadi raja jalanan sejak jaman bahela. motor ini emang kenceng banget dan sangat identik dengan dunia kriminal, ya iyalah wong jambret banyak banget yang make motor 2tak dan persepsi orang awam semua motor 2 tak itu RX-king Ninja 150 kadang juga dibilang RX-KIng. Belom lagi para dragracer malem-malem yang banyak menggunakan nih motor, wajarlah modif dikit aja udah kenceng kaya apaan tau standar aja udah kenceng. otor ini memang produksinya sangat lama dari tahun 80 saat itu dengan tehnologi energy induction mengubah pandangan orang terhadap motor 2 tak yang lemot dan boros. Horse power dari RX-135 ini sendiri sampai 18 ps hampir sama dengan satria FU digabungkan dengan transmisi 5 speed motor ini memang pantas jadi raja jalanan selama 39 tahun. Sayangnya produksinya dihentikan tahun 2009 dan nasibnya juga tak sebaik ninja atau stria yang dibikin 4 taknya Rx-King benar-benar dihentikan....... jadi buat ente2 yang punya nih motor jaga baik baik ya sayang jangan ampe punah nih motor Raja. Kalo ane sih masih ngarep Yamaha bikin motor nih tapi dengan spec 4 tak 250 cc biar perang Ninja-King berlanjut.


Shogun 110
ini nih contoh hawa nafsu berlebihan dapat jadi bumerang, liat aja Suzuki yang teralu nafsu mau menghajar Karisma dari Honda yang malah jadi bumerang dan jadi bikin penjualan suzuki turun dengan drastis sampe sekarang tinggal dapet se iprit babak belur ama yamaha. Suzuki yang ngeluarin shogun 125 dan mesin shogun 110 digantiin ama Smash yang bodi kerupuk dan emang bener down grade.kesalahan Suzuki bukan pada Smashnya namun karena kualitasnya kalau saja Smash bodinya sekuat Shogun 110 padahal modelnya sebelas dua belas. Kejayaan suzuki pun langsung ambles ditelen Jupiter Z yang sekarang pabrikan garputala juga lagi rajin-rajinnya ngegerecokin pasarnya Honda. Kalo seandainya Suzuki lebih bijak harusnya shogun 110 di naikin cc nya kalo Karisma udah terbukti laku. tapi kalo seandainya dirasa malah menguatkan honda shgun 110 dipertahanin dan cari nama lain buat yang sekarang jadi Shogun 125 kaya prosesnya Supra X yang ngegantiin Karisma. Padahal Shogun 110 specnya paling bagus diantara motor bebek 4 tak lain Supra X 100 ama Yamaha Jupiter aja kalah apalagi yang Shogun kebo yang CDI dan part2nya dicari2 montir buat bahan modifan. Tapi nasi udah jadi bubur tapi Suzuki masih berani kok contoh bagusnya Titan yang pake mesin baru dan logo Smashnya dijadiin kecil banget untuk merubah persepsi down grade. Sementara kayaknya kok Axelo kok kurang berani ya...


Honda CS1

Sebenernya sih yang harusnya dilanjutin bukan CS1nya pasti gak laku bodinya teralu alien dan kuang di terima tapi mesin Sonicnya itu loh kayaknya berharga banget dan pasti laku keras kalo gak pake baju aneh gitu. Harusnya CS1 yang sudah discontinue dilanjutin tapi pake bodi Sonic ato sekaligus bawa nama Sonicnya dijamin bakal ngebendung penjualan MX dan Fu sekaligus yamaha kepukul dan Suzuki yang udah bengek sekaligus gak bisa napas. soalnya kalo kita liat spec ama mesinnya udah hampir sempurna cuman rada bolot di puteran bawah tapi gak papa kompresinya gede kok.






 

Jupiter MX vs TVS Tormax

yak bung kalo menurut ane sih 2 motor nih ada di kelas hampir sama antara motor 125 kaya HSX ato shogun dan masih dibawah FU yang emang udah di anggap dewa di kalangan bebek. Head to head sendiri sih TVS Tormax lebih pantes disejajarin ama MX apalagi body kitnya lebih berkiblat ke MX yang menunjukan bebek sejati bukan ayam jago layaknya FU ato bebek berotot layaknya CS1. kita riview langsung aja dah biar keliatan yang mana yang labih menarik.  TVS Tormax Motor bebek ini dilahirkan oleh pabrikan India yang nasibnya kurang baik dibandingkan dengan saudaranya yang punya misi mambantai bebek-bebek di Indonesia,Mungkin karena pabrikan berlambang kuda ini teralu nekat memasukan motor yang head to head dangan motor jepang yang sudah mendarah daging di negri tercinta kita. Bandingkan dengan Bajaj yang mengeluarkan moge berCC nanggung dan gak ada motor jepang yang memiliki cc sama. Motor ini sendiri memiliki amunisi cukup baik untuk menghajar FU atau MX fitur yang bejibun cukup menarik apalagu speedometernya sudah full elektronik dan cerdas. Kenalpotnya sendiri suda dual tone yang bisa disetel oleh tangan jadi tak usah repot-repot beli kenalpot racing sudah bisa punya kenalpot merdu.Pengereman dual disk barake, radiator collant, single shock sudah melekat di motor ini seperti layaknya bebek-bebek super lainnya, apalagi cakramnya yang berada di bagian depannya sangat sexy bergelombang dan lebar mirip FU punya. Motor yang punya catatan baik di ajang balap nasional ini memiliki mesin unik memiliki 3 klep, 2 untuk intake dan 1 untuk output. Bore X strokenya adalah 59.5 X 53.5 yang menunjukan perbandingan yang cukup seimbang antara putaran atas dan bawah.hasilnya tenaga sebesar 9.7 KW dan torsi 12.5 NM. Namun ada yang kurang sreg nih dari nih motor yaitu posisi mesin yang tiduran layaknya bebek sejati bukan moge berbulu bebek atau istilahnya mesin horizontal, ini kurang baik karena membuat tenaganya malah termakan grafitasi bumi.
Jupiter MX Siapa yang tak mengenal motor komeng yang juga sempat dibintangi oleh Valentino Rosi ini memang terkenal dengan motor anak abg imagenya memang dipupuk sebaik-baiknya oleh pabrikan garpu tala karena motor ini bertugas untuk menghajar pasaran 2 motor sekaligus yaitu FU dan HSX. jika motor ini tidak lakuniscaya pasar high end bebek yamaha akan hancur dan membuat Honda dengan HSXnya makin berjaya dan nafas pabrikan berlambang S bertambah panjang dengan FUnya. Motor ini sebenarnya fiturnya cukup tertinggal dibandingkan saingannya dan Satria FU karena tidak memiliki penunjuk angka RPM namun memang modelnya yang berotot sangat menarik dan cukup gaya dan terkesan bagus.Fitur fitur bebek super lain seperti single shock, radiator dan banyak lagi juga sidah menempel dan ditambah stikernya yang katanya 3D. Mesinnya sendiri menggunakan basis v-xion strokenya saja sama yaitu 58,7 bedanya borenya hanya 54 sementara v-xion 57 jadi MX seperti V-xion di bore down dan masih pakai karburator. Kalau tidak puas tinggal di bore up pakai V-xion punya tapi kompresinya turun perlu di papas dulu.Tenaga yang disemburkan sebesar 9.21 kw dan torsinya 12.4 lebih tinggi dari kakanya karena kompresinya sampai 10,9. Mesinnya juga sidah tegak seperti satria FU atau moge lain jadin nih motor itungannya moge berbulu bebek. Kesimpulan Kalau buat anda yang mencintai value for money dan fitur yang melimpah dan mesin yang tidak usah dimodif lagi Tormax adalah pilihan sempurna.Kalau ada suka merek dan modifikasi MX adalah motor yang sempurna dengan brand yamaha dan mesin yang sudah tegap memudahkan modifikasi dan part racingnya juga lebih banyak daripada si kuda....

Supra x 125 pgm-fi

ane punya nih motor di rumah motor ini sih udah jadi flagship honda buat bebeknya kalo kita nganggep CS1 sebagai moge. nih motor sih tarikannya lumayan salesman honda emang gak boong tarikannya emang lebih mantep daripada yang karburator apalagi memang konsumsinya yang sangat hemat dibandingkan motor motor sekelasnya. penampakannya sih gak jauh beda dengam yang fersi karburator yang memiliki fitur dual disk brake malah menurut ane ya lumayan ngecewain stikernya karena menghilangkan huruf R gedenya yang sangat sporty dan sering ditempelin ke motor2 lain.sistem bensinnya yang sudah menggunakan pgm-fi memang sangat mendongkrak akselerasi 0-60 km/h yang hanya butuh 5,25 detik tidak berbeda jauh dibandingkan Jupiter MX yang hanya perlu 5,17 detik sangat bagus buat motor bermesin horizontal yang bisa menandingi motor bermesin tegak dengan tambahan 10 cc. namun top speednya terhitung kalah sampai 10 km/jam dibandingkan dengan adiknya yang bermesin karburator, tapi buat di jalan macet atau ramai buat apa sih top speed tinggi-tingggi. ane sendiri pernah nyobain ng gas ampe top speed top speednya mencapai 112-114 km/jam itu juga dengan setang yang agak bergoyang di kecepatan tinggi serasa saya handlingnya kaurang baik di kecepatan di atas 90km/jam. memang HSX sendiri memiliki langkah yang cukup panjang mencapai 57,9 mm cukup baik di putaran bawah walaupun kompresinya cuma 9,0 serasa kurang meledak tenaganya. Tapi ane bilang sih kalo mau cari bebek sejati alias mesin horizontal ini itungannya best buy sih selain TVS Tormax.
Sebagus-bagusnya mesin nih motor sayangnya nih motor gak laku mungkin karena fitur yang kurang atau spec nya yang kurang memuaskan. dengan duit 17 juta pasti orang ngerasa kurang kalau beli motor bebek bermesin tidur masih double shock dan fitur yang kurang. jadi orang merasa bahwa nih motor cuma supra x 125R yang diganti karburatornya, apa lagu kalo udah ngeliat MX yang merupakan moge berbulu bebek yang sudah single shock dengan harga sediki lebih murah atau sekaligus nambah sejuta dapet satria....
jadi nih motor itungannya overprice tapi daripada bingung liat aja dah specnya............

Spesifikasi Supra X 125 PGMFI

Panjang X lebar X tinggi : 1.889 x 702 x 1.094 mm
Jarak sumbu roda : 1.242 mm
Jarak terendah ke tanah : 136 mm
Berat kosong : 107 kg
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dan peredam kejut ganda
Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram double piston
Rem belakang : Cakram single piston
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
Volume langkah : 124,8 cc
Perbandingan kompresi : 9,0 : 1
Daya maksimum : 9,18 PS/7.500 rpm
Torsi maksimum : 0,99 kgf.m /5.000 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Otomatis sentrifugal
Gigi transmsi : kecepatan bertautan tetap
Pola pengoperan gigi : N-1-2-3-4-N (rotari)
Starter : Pedal dan elektrik
Aki : 12 V - 3,5 Ah
Busi : ND U20EPR9 / NGK CPR6EA-9
Sistem pengapian : Full transistorized